Pangdam-Kapolda Kunjungi Sintang, Jangan Ada Keraguan dalam Tugas

Pangdam-Kapolda Kunjungi Sintang, Jangan Ada Keraguan dalam Tugas

  Senin, 18 June 2018 14:48

Berita Terkait

SINTANG—Pangdam XII/TPR Mayjen TNI Achmad Supriyadi dan Kapolda Kalbar Irjen Pol Didi Haryono berkunjung ke Sintang mengecek kesiapan pemilihan kepala daerah serentak 27 Juni mendatang. Keduanya datang  menumpang helikopter dengan mendarat di halaman korem 121/ABW, Senin (18/6). 

Kedatangan mereka disambut Danrem 121/ABW Brigjen TNI Bambang Ismawan dan Bupati Sintang Jarot Winarno. Dandim Sanggau dan Sintang turut hadir. Begitu pula dengan Kapolres Sanggau, Sekadau, Melawi, dan Sintang. Jajaran KPU dan Panwaslu dari Sanggau, Sekadau, Melawi dan Sintang juga hadir.

Pangdam dan Kapolda memberi pengarahan bergantian. Memastikan agar semua komponen saling bersinergi mensukseskan Pilkada serentak di Kalbar yang aman dan damai. Persiapan harus dimatangkan baik dari penyelenggara maupun pihak keamanan. Supaya dalam penyelenggaraan semua telah siap dan lancar.

Sambutan Pangdam maupun Kapolda menegaskan ingin mensukseskan Pilkada serentak yang aman dan damai di Kalbar. Kendati hasil survei menyebutkan tingkat kerawanan cukup tinggi untuk Pilkada di Kalbar, yakni menempati urutan kedua di seluruh Indonesia, setelah Papua. Namun berangkat dari pengalaman pemilihan gubernur, bupati maupun walikota yang sudah pernah dilangsungkan di Kalbar, semua aman dan damai.

Pangdam berpesan kepada aparat dalam pengamanan Pilkada jangan ada keraguan dalam  menjalankan tugas. Jajaran TNI tidak boleh ada keraguan dalam tugas dan memberikan perbantuan. Tidak ada lagi menunggu. Secara admnistrasi sudah dilakukan dan juga telah diupacarakan. Dan, pesan tersebut disampaikan Pangdam berulang-ulang dalam sambutannya. 

Ia turut menegaskan netralitas pihak keamanan, yang tidak berpihak. “Pegang itu, tidak ada memihak yang bisa mencederai netralitas TNI,” kata Pangdam seraya mengingatkan kewaspadaan pada masa tenang.

Adapun Kapolda mengatakan sebanyak 11658 total Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kalbar. Sejumlah TPS tersebut dibagi berdasar tingkat kerawanannya. Pemetaan tersebut sebagai bagian untuk penempatan personil. 

Pihak penyelenggara agar sinkron dengan pihak keamanan supaya bisa saling bersinergi dalam mensukseskan Pilkada serentak. Personil juga diingatkan andil langsung dalam pengawalan distribusi logistik pemilu. Sekaligus memastikan secara umum pengamanan sudah siap.

Usai memberi paparan, Pangdam dan Kapolda mengunjungi KPUD Sintang. Danrem dan Bupati ikut mendampingi. Pengecekan dilakukan langsung keduanya untuk melihat sejauhmana persiapan Pilkada serentak. (stm)

Berita Terkait