Padam Dua Jam di Pontianak dan Kubu Raya Tadi Malam, Ini Penyebabnya

Padam Dua Jam di Pontianak dan Kubu Raya Tadi Malam, Ini Penyebabnya

  Selasa, 27 September 2016 21:20
DIBERSIHKAN: Petugas PLN sedang membersihkan layang-layang yang menempel pada jaringan pengaman di GI Siantan.

Berita Terkait

SEBAGIAN wilayah Kota Pontianak dan Kubu Raya, Selasa (27/9) malam, mengalami pemadaman  sekitar dua setengah jam akibat  gangguan yang terjadi pada pukul 17.27 WIB di penyulang yang menghantarkan listrik dari arah Siantan ke arah Sei Raya sehingga mengakibatkan pemadaman.  Terjadi ledakan di jaringan transmisi akibat kawat layang-layang.
"Lokasi gangguan di tower no 5 atau sejauh 1.5 km dari GI Siantan di daerah kebun sayur belakang Jalan Budi Utomo," jelas Ricky Cahya Andrian, Manajer APDP Kalbar. 
Lebih lanjut dijelaskannya, gangguan diduga karena kawat layang-layang. Hal ini terlihat dari besaran arus gangguan. Akibatnya GI Sei Raya padam total sebesar 80 MW meliputi sebagian Kota Pontianak dan Kubu Raya.
Petugas segera turun ke lapangan untuk mengatasi gangguan yang terjadi. "Gangguan tersebut juga berimbas pada terjadinya trouble di trafo GI Siantan sehingga perlu waktu untuk  penormalannya," ungkap Ricky. Semua feeder dapat dinormalkan bertahap sampai yang terakhir normal pada pukul 19.55 WIB
"Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan pelayan yang telah kami berikan," ujarnya. PLN menghimbau kepada masyarakat untuk tidak bermain layang-layang disekitar kawasan Kota Pontianak dan Kubu Raya. Apalagi menggunakan tali kawat karena keberadaannya sungguh akan mengganggu pasokan listrik ke pelanggan. Mari kita peduli akan keberadaan listrik, karena listrik bukan hanya untuk kita tapi untuk anak cucu kita, untuk kehidupan yang lebih baik.(humas pln kalbar)

Berita Terkait