Optimalkan Pelayanan Pajak di Samsat Home Service

Optimalkan Pelayanan Pajak di Samsat Home Service

  Sabtu, 12 May 2018 08:55
Samsat Online: Penjabat gubernur Kalbar Dodi Riyadmadji menyalakan mesin sepeda motor Samsat Home Service saat Melaunching Samsat Home Service di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalbar. Humas ProvKalbar

Berita Terkait

PONTIANAK-Penjabat gubernur Kalbar Dodi Riyadmadji berharap terbentuknya samsat home service untuk mengoptimalkan pelayanan pajak kendaraan bermotor secara profesional, dengan mendatangi rumah wajib pajak yang melakukan panggila telpon. Selain itu dapat membantu mengoptimalkan penerimaan pajak kendaraan bermotor secara keseluruhan.

Menurut Dodi pelayanan prima kepada masyarakat serta mengoptimalkan pendapatan asli daerah, perlu dilakukan inovasi dan terobosan yang memudahkan masyarakat dalam melaksanakan kewajiban membayar pajak.

“Ke depan samsat home service ini, tidak hanya terbatas pada layanan line telpon saja, akan tetapi saya minta layanan ini dikembangkan lebih sederhana melalui basis teknologi modern (androit), misal Go Samsat atau elektronik samsat,” ujar Dodi ketika Melaunching Samsat Home Service di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalbar, Jumat (11/05).

Dodi meminta dan mengajak undangan yang hadir untuk menginformasikan keberadaan samsat home service ini kepada masyarakat. Terlebih kepada organisasi perangkat daerah (OPD) agar mengecek kembali kendaraan dinas di wilayah kerjanya.

“Apakah sudah lunas pajak atau belum, ini perlu dilakukan. Sebagai abdi pelayanan masyarakat harus memberikan contoh dan menjadi suri tauladan yang baik bagi masyarakat selaku wajib pajak agar masyarakat yakin dan percaya serta merasakan keadilan dalam pemungutan pajak ini,” pinta Dodi.

“Saya tidak ingin mendengar lagi ada OPD yang menunggak pajak kendaraannya, karena ini akan menjadi sorotan umum atas kepatuhan pemerintah daerah dalam melaksanakan tertib pajak daerah,” tegas Dodi. Dodi menambahkan pelayanan samsat merupakan kerja bersama semua. Dengan kerjasama itu diyakini bisa mewujudkan profesionalisme pelayanan sehingga pemilik kendaraan merasa puas pada giliranya akan meningkatkan pendapatan untuk membiayai pembangunan.

Profesional dimaksud adalah pelayanan cepat, handal dan akuntabel. Cepat dalam memproses berkas dalam waktu yang tidak lama, termasuk dalam pelayanan pajak kendaraan, pelayanan STNK dan responsif dalam pelayanan asuransi kecelakaan. “Dengan pelayanan samsat home service ini, saya bangga karena ini prestasi yang harus didukung. Saya berharap penerimaan pajak daerah secara keseluruhan dapat tercapai 100 persen dan pelayanan samsat ke depan lebih profesional dan efisien lagi,” tutur Dodi.

Lounching Samsat Home Sevice di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalbar ditandai dengan pemasangan rompi kepada tugas sekaligus menyalakan mesin sepeda motor Samsat Home Service oleh Penjabat Gubernur Kalbar didampingi kepala BPKPD Kalbar Samuel, Kepolisian Daerah Kalbar, PT. Jasa Raharja, Direktur bank kalbar, serta para undangan lainnya. (mse)

Berita Terkait