Optimalkan Pelayanan, BPJS Kesehatan Pontianak Tandatangani Komitmen Bersama Direktur RS dan Ombudsman

Optimalkan Pelayanan, BPJS Kesehatan Pontianak Tandatangani Komitmen Bersama Direktur RS dan Ombudsman

  Kamis, 10 January 2019 20:24

Berita Terkait

Perjanjian Kerjasama antara BPJS Kesehatan Cabang Pontianak dengan seluruh Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) telah berakhir pada  31 Desember 2018. Karena itu, pada Kamis (10/1) dilakukan penandatanganan perpanjangan Perjanjian Kerjasama dengan 22 Rumah Sakit di wilayah Kerja BPJS Kesehatan Cabang Pontianak.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat Hary Agung  yang juga turut hadir dalam kegiatan ini memaparkan terkait Akreditasi yang merupakan kewajiban bagi seluruh Rumah Sakit yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

“Kewajiban bagi rumah sakit melakukan Akreditasi merupakan upaya dari Kementerian Kesehatan mengatur pelayanan kepada Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN-KIS) agar semakin baik dan berkualitas. Di wilayah Kalimantan Barat sampai saat ini pun masih ada Rumah Sakit yang masih berproses dalam melaksanakan Akreditasi namun semuanya direkomendasikan oleh Kemenkes untuk tetap dapat bekerjasama dengan BPJS Kesehatan, waktu yang diberikan adalah 6 bulan untuk semua Rumah Sakit melaksanakan Akreditasi yaitu sampai dengan 30 Juni 2019,” ujar Hary.

Kepada seluruh pimpinan FKRTL Hary juga menyampaikan harapannya untuk seluruh rumah sakit yang masih melaksanakan proses Akreditasi agar dapat segera melakukan upaya-upaya percepatan, bagi rumah sakit yang sudah memiliki sertifikasi Akreditasi juga harus terus memperbaiki pelayanan di Rumah Sakit.

Selain penandatanganan Perjanjian Kerjasama dalam acara ini  juga ditandatangi Komitmen Bersama antara Dinas Kesehatan Provinsi, Pimpinan FKRTL, BPJS Kesehatan serta Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Kalimantan Barat terkait Pelayanan Prima Kepada Peserta JKN-KIS khususnya di FKRTL.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pontianak Gerry Adhikusuma menjelaskan jika Komitmen Bersama ini merupakan kesepakatan bersama  antara instansi pemberi pelayanan publik agar  dapat memberikan pelayanan yang terbaik khususnya bagi peserta JKN-KIS.

“ BPJS Kesehatan dan FKRTL harus berkomitmen agar pelayanan kepada peserta nya semakin hari lebih baik lagi terutama  terkait Keterbukaan Informasi dan Pelayanan Profesional kepada Peserta, untuk itu pada kesempatan ini kita juga menggandeng Ombudsman Perwakilan Kalimantan Barat sebagai lembaga yang bertugas mengawasi Pelayanan Publik.” Tutup Gerry (FR/yl)

 

Berita Terkait