Olahan Seafood Khas Kalimantan Barat

Olahan Seafood Khas Kalimantan Barat

  Jumat, 3 June 2016 09:58

Berita Terkait

Letak geografis Kalimantan Barat yang berbatasan dengan Laut Natuna (barat) dan Laut Jawa (selatan) serta Sungai Kapuas yang membelah provinsi ini menyebabkan Kalimantan Barat memiliki kekayaan seafood yang melimpah. Nggak heran kuliner khas provinsi yang terkenal dengan ciri khas Burung Enggang Gading ini memiliki banyak kuliner olahan seafood. Pastinya kuliner-kuliner ini wajib kamu cobain, guys!

Sotong Pangkong

Sotong pangkong adalah makanan yang terbuat dari cumi yang telah dikeringkan dan dibakar dengan menggunakan arang. Setelah dibakar, cumi ini akan dipukul-pukul (pangkong) dengan menggunakan palu. Tujuannya agar rasanya gurih. Sotong pangkong ini akan lebih nikmat jika dimakan dengan saos cabe dan cuka dengan bahan dasar kacang atau yang akan memperkaya rasa.

Ikan Asam Pedas

Perpaduan antara rasa pedas dan asam pada ikan ini menjadi ciri khas yang menggiurkan. Tentunya bahan utama yang digunakan berupa ikan kakap, namun bisa juga diganti dengan ikan nila, ikan tenggiri ataupun ikan gurame. 

Pengkang

Sajian berbahan dasar beras ketan (pulut) dan udang ebi kering ini terkenal dengan kenikmatan yang membuat ketagihan. Cara masak pengkang ini tergolong unik karena beras ketan yang telah diisi dengan ebi kering akan dibungkus daun pisang dan dibentuk menyerupai segitiga. Setelah dikukus, pengkang kemudian dijepit dengan sebilah bambu yang sebelah ujungnya diikat dengan tali bundung dan dibakar. Yuum! (ind)

 

Berita Terkait