Olahan Iga Sapi Rempah Nusantara

Olahan Iga Sapi Rempah Nusantara

  Kamis, 14 March 2019 09:06
Iga Sapi Gahar

Berita Terkait

Iga sapi sering diolah menjadi beragam sajian lezat. Selain dipanggang, iga sapi juga enak diolah menjadi masakan lainnya. Apalagi menggunakan bumbu dan rempah khas Nusantara. Pasti lezat dan menggugah selera makan.

Oleh : Ghea Lidyaza Safitri

Iga sapi merupakan daging sapi yang berasal dari daging di sekitar tulang iga atau tulang rusuk. Bagian daging ini termasuk dari delapan bagian utama daging sapi yang umum dikonsumsi. Tekstur daging yang lembut membuatnya begitu dicintai penikmat kuliner. Bagian daging di sekitar tulang iga ini sangat nikmat saat diolah menjadi apapun, termasuk dipadukan dengan rempah nusantara. Seperti lima varian olahan daging iga sapi ala Chef Gatot Tricahyo, Chef Hotel Golden Tulip.

Iga Sapi Gahar

Sambal korek merupakan salah satu varian sambal khas Indonesia berasal dari Jawa. Bahan yang digunakan untuk membuat sambal ini terdiri dari cabe rawit, bawang putih, bawang merah sedikit garam yang di ulek sampai agak halus lalu disiram dengan minyak yang sudah dipanaskan. 

Bagi pecinta masakan pedas, olahan iga gahar ini patut dicoba. Sensasi rasa pedas sambal dan daging iga sapi goreng bertekstur lembut ini mampu menghadirkan cita rasa luar biasa. Tak perlu takut kepedasan. Chef Gatot juga menyajikan kuah sup iga untuk meminimalisir rasa pedas. 

Sup Iga Sapi

Sup iga bisa jadi santapan pilihan dikala makan siang. Tekstur dagingnya lembut. Terasa gurih dari kaldu daging iga sapi dan kombinasi rempah. Semakin spesial dengan tambahan sayuran berupa kentang, tomat, wortel, dan daun bawang yang membuat aroma sup semakin harum. Apalagi dilengkapi sambal kuah yang diolah dari cabai rawit merah. Rasa pedas menambah cita rasa sup. 

Sup Konro 

Olahan khas Makassar ini memang sangat menggoyang lidah. Memiliki warna cenderung coklat kehitaman seperti rawon, tetapi cita rasa yang disajikan sup konro tak kalah lezat. Kuah sup konro ala Chef Gatot juga begitu lezat karena kaya rempah. 

Selain buah kluwek, Chef Gatot juga memadukan menambahkan bumbu khas Indonesia lainnya, seperti bawang merah, bawang putih, daun jeruk, jahe, dan jinten. Daging iga yang lembut terasa lezat saat dicicipi bersama kuah berwarna coklat kehitaman ini. 

Iga Sapi Lado Mudo

Minang punya banyak sajian lezat. Salah satunya sambal lado mudo (sambal cabe hijau). Sambal lado mudo sendiri diolah dari rempah, seperti cabe hijau segar, daun jeruk, batang serai, bawang merah, bawang putih, jahe, dan tomat hijau

Sambal lado mudo sering diolah dengan ayam. Namun, Chef Gatot mengombonasikan sambal cabe hijau ini dengan daging iga sapi. Daging iga sapi dengan lemak lembut ini terasa lezat saat disantap bersama dengan sambal ijo yang pedas dan harum.  

Iga Sapi lada hitam

Lada hitam biasa dijadikan saus untuk melumuri steak dari dengan daging ayam maupun daging sapi, atau olahan tumisan daging lainnya.  Termasuk daging iga sapi. Saus ada hitam yang sedikit pedas ini mampu menyajikan rasa yang luar biasa saat dinikmati bersama dengan daging iga sapi. Iga sapi lada hitam semakin istimewa dengan adanya paprika merah dan hijau, serta bawang bombay.  **

Berita Terkait