Olahan Ayam ala Western

Olahan Ayam ala Western

  Kamis, 21 January 2016 08:03

Berita Terkait

Olahan daging ayam menjadi salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia. Beragam citarasa bisa dihasilkan dari makanan yang mengandung protein ini. Tak hanya menu tradisional, menu ayam ala Eropa pun siap menggoyang lidah. Oleh  : Marsita Riandini

Makanan Barat sering dijadikan alternatif untuk mengenyangkan perut. Rasanya yang lezat mampu menggugah selera siapapun. Cocok pula sebagai menu selingan ketika ingin makan di luar bersama teman dan keluarga. Apalagi ayam merupakan olahan yang mudah ditemukan di berbagai wilayah Indonesia.

Bagi yang bosan dengan olahan ayam bercita rasa tradisional Indonesia, Terminal Resto & Coffee Shop yang berada di Jalan Gusti Hamzah, Pontianak ini menyediakan berbagai olahan ayam khas Eropa. Seperti Chicken Chop, Quesadillas, Chicken Gordon Bleu dan Roasted Puff Chicken. Proses pembuatannya pun beragam, dari yang dipanggang hingga digoreng.

Menu pertama yang For Her icip-icip yakni Chicken Chop. Menu satu ini adalah menu baru. Terbuat dari potongan paha ayam yang dicampur dengan bumbu oregano. “Proses pembuatannya gampang. Ayam yang sudah dibelah itu di-marinet, kemudian di-grill sampai bumbu meresap ke dalam. Proses pembuatannya seperti ayam penyet bakar, tetapi bumbunya yang berbeda,” ujar Sukamto, Owner Terminal Cafe & Coffee Shop.

Chicken Chop yang dinikmati dengan blackpaper sauce ini terasa lebih sedap. Bumbunya meresap dan dagingnya tidak keras. Ingin olahan yang berbeda? Anda bisa mencoba Roasted Puff Chicken. Pengolahan menu yang satu ini terbilang cukup rumit tetapi menghasilkan perpaduan citarasa yang unik. Ada keju, daging ayam, dan pastry. Daging ayam yang sudah dipotong tipis, kemudian digulung dengan keju, baru dikuliti dengan puff pastry. Keju yang digunakan adalah keju mozarella, sehingga tampak jelas lelehan keju yang menggoda. “Terbuat dari potongan dada ayam. Kalau menggunakan dada ayam ini dagingnya lebih lembut. Sengaja kami potong agak tipis. Kalau sudah digulung baru masukkan di oven,” tuturnya yang menambahkan tamu juga bisa merequest puff pastry yang teksturnya lebih gurih.

Tak menunggu lama, hanya lima menit Roasted Puff Chicken siap dihidangkan. Saat menikmatinya, akan disajikan bersamaan dengan mushroom sauce. Jenis jamur yang digunakan adalah jamur champignon.  “Kami mengolahnya dengan bumbu-bumbu pilihan. Jadi rasanya akan berbeda dari mushroom sauce pada umumnya,” ucapnya. Hampir sama dengan Roasted Puff Chicken, Chicken Gardon Bleu diproses dengan cara digulung. Bedanya proses pemasakannya digoreng, sementara Roasted Puff Chicken dipanggang.

 

Beberapa tampilan menu tersebut, juga ditambahkan mashed potatoes. Sengaja menggunakan kentang yang dihaluskan, untuk mengurangi penggunaan minyak pada setiap makanan. Tampilan semakin lengkap dengan adanya sayuran sebagai garnisnya. Seperti potongan jagung rebus, serta kacang buncis. “Kalau digoreng itu khan dia akan memakan minyak. Makanya kami tampilkan mashed potatoes ini. Agar lebih berasa, dicampurkan cream susu,” terang dia.

 

Menu yang tak kalah sedapnya adalah Quesadillas. Quesadillas merupakan sajian asal Meksiko. Proses pembuatannya tergolong mudah, cepat dan kaya akan rasa. Berbentuk segitiga yang terbuat dari tortila alias roti pipih. Di dalamnya diisi dengan potongan daging ayam serta keju mozarella. Sebenarnya menu yang satu ini dapat menjadi cemilan yang menarik, meskipun ada pula yang lebih memilih menjadikannya sebagai makanan berat. Tentu saja ini disesuaikan dengan selera Anda.

Terminal Cafe & Choffee Shop ini juga menawarkan konsep ruangan yang menyenangkan. Anda bisa memilih beberapa spot foto yang menarik. Jika ingin suasana santai di luar ruangan pun juga tersedia. “Disini rata-rata 80 persen western food. Peluang bisnis makanan ini cukup baik, meskipun belum begitu besar. Maka dari itu kami kolaborasikan degan menu-menu tradisional, seperti nasi goreng, sup buntut dan lainnya,” pungkas Sukamto. **

 

 

Berita Terkait