Nyabu, Tiga Warga Ditangkap

Nyabu, Tiga Warga Ditangkap

  Sabtu, 2 April 2016 09:14
DIBEKUK: Ketiga pelaku sedang di Mapolres Mempawah berikut barang bukti yang diamankan. WAHYU/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

MEMPAWAH- Satuan Narkoba Polres Mempawah meringkus tiga warga Mempawah ketika sedang menikmati narkotika jenis sabu. Ketiganya ditangkap disalah satu rumah yang beralamat di Jalan Abu Bakar Rt 01 Rw 01 Kelurahan Tanjung, Kecamatan Mempawah Hilir, Kamis (31/3) sekitar pukul 20.00 WIB.

Kapolres Mempawah, AKBP Suharjimantoro, S.Ik melalui Kasat Narkoba Polres Mempawah, AKP Suparjo, SH membenarkan keberhasilan jajarannya mengungkap jaringan narkotika diwilayah itu.  

“Berangkat dari laporan masyarakat yang menduga adanya jaringan peredaran narkotika dilingkungannya, kami tindaklanjuti dengan penyelidikan dilapangan,” terang Suparjo kepada wartawan, Jumat (1/4) siang.

Benar saja, hasil penyelidikan yang dilakukan jajarannya menduga adanya praktek transaksi barang haram itu di rumah pelaku, Agus di Jalan Abu Bakar, Kelurahan Tanjung. Polisi pun menyusun strategi agar buruannya tidak kabur.

Setelah melakukan persiapan yang matang, petugas pun melakukan penggerebekan. Para pelaku yang sama sekali tidak menduga kalau dirinya sudah menjadi Target Operasi (TO) kepolisian kaget dengan kedatangan polisi. Mereka pun tak berkutik ketika dilakukan penggeledahan.

Dari penyergapan itu, polisi mengamankan tiga orang tersangka yakni Agus Haryadi, 46, Awang Firdaus, 44 warga Desa Antibar dan Andri Gunawan, 25 warga Jalan Raya Senggiring, Kelurahan Pasir Wan Salim, Kecamatan Mempawah Timur.

“Ketika kita sergap dan digeledah, tidak ada yang melakukan perlawanan. Penangkapan pun berjalan lancar,” ujarnya.

Selain ketiga pelaku, petugas juga mengamankan sejumlah barang bukti kepemilikan shabu dari Tempat Kejadian Perkara (TKP). Yakni lima paket shabu, uang tunai sebesar Rp 270.000,- , dua buah bong, satu buah timbangan elektrik, dua bendel klip plastik dan lima buah korek api gas.

Kini, ketiga pelaku dan sejumlah barang bukti telah diamankan ke hotel prodeo Mapolres Mempawah. Polisi masih melakukan pengembangan lebih lanjut untuk mengungkap jaringan narkotika yang telah meresahkan lingkungan masyarakat di Kelurahan Tanjung itu. “Atas perbuatannya, pelaku kita jerat dengan pasal 112 dan 114 Undang-Undang (UU) Nomor 35 tahun 2009 tentang nakotika dengan ancaman hukuman minimal 5 tahun dan maksimal 20 tahun penjara,” tukas Kasat.(wah)

Berita Terkait