Novel Yakin Kasusnya Tak Terungkap Tuntas

Novel Yakin Kasusnya Tak Terungkap Tuntas

  Kamis, 12 April 2018 11:00
TOLAK DIAM : Novel Baswedan di dampingi Wakil Ketua KPK Saut Situmorang memberikan keterangan kepada wartawan usai nobar 1 tahun kasus Novel Baswedan Menolak Diam di KPK, Jakarta, Rabu (11/4). FEDRIK TARIGAN/ JAWA POS

Berita Terkait

JAKARTA – Setahun berlalu, pelaku yang mendalangi kasus penyiraman air keras kepada penyidik senior KPK Novel Baswedan belum terungkap. Tak heran, Novel berkali-kali menyatakan kecewa. Setelah nonton bareng dan diskusi di Gedung Merah Putih kemarin, Novel kembali meluapkan kekecewaannya. ”Saya bukan bilang belum ketemu pelakunya. Tapi, saya bicara kemungkinan, dugaan saya bahwa ini memang belum mau diungkap. Saya kecewa sekali dengan hal itu,” beber dia. Entah enggan atau sengaja, kata Novel, yang pasti lima bulan setelah serangan 11 April 2017, dirinya sangat yakin bahwa kasusnya tidak akan diungkap sampai tuntas. Sebab, dia percaya kasusnya tidak hanya melibatkan pelaku di lapangan. Tetapi, ada kaitannya dengan orang lain. ”Yang punya kekuasaan. Saya juga menduga, ada oknum polisi yang terlibat,” imbuhnya.

Alumnus Akpol 1998 itu kembali mengutarakan harapannya agar pemerintah membentuk tim gabungan pencari fakta (TGPF). Menurut dia, TGPF penting karena masih banyak fakta yang belum terungkap.  Karopenmas Divhumas Polri Brigjen M. Iqbal menjelaskan, pembentukan TGPF sebenarnya bukan domain Polri. Namun, berdasar pengalaman selama ini, peran TGPF dalam kasus-kasus tertentu sebenarnya kurang optimal. ”Sebab, tidak menyentuh hal teknis. Yang teknis ini tetap dari Polri, tentu dibantu yang lain,” terangnya. (far/idr/jun/syn/c6/oki)

Berita Terkait