Nostalgia dengan Masakan Nenek Moyang

Nostalgia dengan Masakan Nenek Moyang

  Sabtu, 18 May 2019 11:29
RAMAI: Para pengunjung, termasuk anggota Forum Pajak Kalbar dan Jajaran Pimpinan Pontianak Post menikmati sajian warisan menu nusantara dalam buka bersama di Hotel Mercure Pontianak City Center, kemarin. MADE FRANS/PONTIANAK POST

Berita Terkait

Nikmatnya Sajian Warisan Saat Berbuka di Mercure

PONTIANAK – Nostalgia mencicipi beragam menu nusantara ‘Sajian Warisan’ dari Hotel Mercure Pontianak City Center dapat menjadi pilihan menarik untuk buka puasa bersama selama bulan Ramadan ini.

“Menu hari ini (kemarin), kami sajikan masakan Minangkabau, Sumatera Barat. Kami sajikan khusus bagi pecinta kuliner nusantara di Pontianak. Mereka bisa bernostalgia kembali,” ujar Sumangun Wijaya, Chef Hotel Mercure Pontianak City Center.

Pada stal, disajikan beragam menu seperti mie rebus minang, ketupek gulai, ikan palai rinuak, asam pandeh daging, dan lain-lain. “Selain nostalgia, melalui sajian warisan ini, kami berusaha melestarikan, mempersatukan kearifan lokal. Di mana banyak anak zaman sekarang lupa menu tradisi nenek moyang. Generasi milenial kita harus tahu makanan khas Indonesia,” katanya.

Menurutnya, gastronomi kuliner Indonesia sedang giat-giatnya mengangkat menu nusantara ke dunia internasional. “Tentu saya sebagai chef, juga ingin memperkenalkan beragam masakan nusantara ke khayalak ramai. Mulai dari Pontianak (Kalimantan Barat), Minangkabau, Banjar, Sunda, Sulawesi, Bugis, Jawa Tengah, Jawa Timur, hingga Minahasa. Masakan nenek moyang ini, kami kreasikan kembali secara modern, mengikuti perkembangan zaman,” ujarnya.

Menu-menu lama yang sudah tenggelam coba dimunculkan kembali, seperti sup manggala. “Ini di Kalbar sudah tenggelam. Sup manggala ini adalah sup ubi kayu,” katanya, “Menu andalan setiap hari berbeda. Kami rotasi, seperti menu masakan cidayu. Ada mie singkawang, dari Padang ada rendang, Pasundaan ada karedok.”

Harga yang ditawarkan dengan harga Rp130 ribu/pack (orang), sudah bebas menikmati semua menu yang disajikan. Jumlahnya sekitar 200 jenis yang bisa dinikmati para tamu. Khusus minggu ke-4 ada promo beli 5 gratis 1 atau reservasi di bawah 5 orang dapat diskon 10 persen.

“Untuk rasa dan kualitas makanan kami tidak perlu diragukan lagi. Kami jamin para tamu dan pelanggan puas menikmati beragam menu yang disajikan. Serta bisa kembali bernostalgia dengan masakan nenek moyang,” tutupnya. (mde)

Berita Terkait