Nitizen Bakal Diawasi

Nitizen Bakal Diawasi

  Sabtu, 1 Oktober 2016 10:11

Berita Terkait

SINGKAWANG-Menyambut Pilkada Serentak tahun 2017 di Kota Singkawang, Polres Singkawang melalui Unit Cyber Patrol (UCP) yang berada di Singkawang Command Center (SCC) akan terus memantau aktifitas di media sosial selama 24 jam terkait dengan netizen yang mengunggah ujaran kebencian dan SARA berkaitan Pilkada Serentak tahun 2017 di Kota Singkawang.

 
 “Cyber Patrol ini sebagai upaya kepolisian dalam rangka mengantisipasi hal-hal tidak diinginkan terutama di dunia maya yang dapat menimbulkan gejolak yang membuat situasi keamanan di Kota Singkawang terganggu,” ungkap Kapolres Singkawang AKBP Sandi Alfadien Mustofa kepada koran ini Jumat (30/9) kemarin.

Ia mengatakan tim cyber akan intens melakukan cyber patrol memonitor konten yang berbau ujaran kebencian ataupun SARA, oleh sebab itu diharapkan juga kerja sama dari masyarakat khususnya kota Singkawang agar aktif untuk melaporkan ke Polres Singkawang jika menemukan konten-konten yang berbau SARA dan ujaran kebencian tersebut.

Bantuan masyarakat, kata Kapolres, sangatlah berarti karena tidak menutup kemungkinan masyarakatlah yang lebih dulu menemukan konten-konten yang mengacu ke ujaran kebencian atau hate speec/ SARA.

Selain itu, tim cyber Polres Singkawang juga bekerjasama dengan Tim Cyber Patrol Mabes Polri, Kementerian Informasi dan komunikasi dan dinas terkait dalam hal monitoring, karena akun-akun baik FB, Instalgram, Tweeter, dan sejenis lainya termonitor dan bisa diklasifikasikan terutama akun-akun bermuatan ujar kebencian, provokatif yang negatif, serta unsur SARA.

 “Kita berharap tidak ada nitizen ataupaun pihak-pihak tertentu yang mengunggah ujaran kebencian atau hate speec/ SARA ke media sosial selama pelaksanaan Pilkada Serentak tahun 2017 di Kota Singkawang mendatang sehingga situasi di Kota Singkawang tetap aman dan kondusif,” pintanya.

Jika selama monitoring Tim Cyber Crime Polres Singkawang menemukan konten-konten yang mengacu ke arah ujaran kebencian atau hate speec/ SARA tim Cyber pihaknya akan melakukan penyelidikan dan akan di tindak sesuai hukum dalam konteks Undang-undang ITE. “Jika terbukti melakukan penghasutan, provokasi, membuat konten-konten mengarah ujaran kebencian akan diproses,” tegas kapolres.

Kapolres mengajak seluruh komponen masyarakat menciptakan suasana Pilkadan yang santun, berwibawa, bermartabat serta pencerahakan. “Lebih baik menggunggah hal-hal positif, hal-hal yang dapat mencerahkan dan mencerdaskan masyarakat itu sendiri bukan sebaliknya,” himbaunya.

Maka dari itu, tambah dia, untuk pelaporan apabila ditemukan konten-konten yang mengacu ke arah ujaran kebencian atau hate speec/ SARA di media sosial khususnya mengenai Pilkada Serentak tahun 2017 di Kota Singkawang dapat melaporkan kepada kami dengan mengirimkan link konten atau menghubungi Polres Singkawang ke Inbox facebook : Humas Polres Singkawang atau Call center Singkawang Command Center : 0562-6300589, untuk pesan singkat (SMS) lakukan ke pengaduan ke nomaor : 085828469916,sedangkan pengaduan lewat bisa melalu alamat Email :scc@polressingkawang.com. (har)

Berita Terkait