Nikmat Saat Dingin & Panas

Nikmat Saat Dingin & Panas

  Kamis, 9 Agustus 2018 10:44

Berita Terkait

Kue Tradisional Tionghoa

Kue-kue tradisional Tionghoa memiliki cita rasa  dan aroma yang khas. Namun, tetap terasa lezat dan nikmat. Seperti Chai ji kue dan Ou kue. Kue ini nikmat disantap saat dingin maupun hangat. 

Oleh : Ghea Lidyaza Safitri

Owner Warung Kopi Alex Pontianak, Khouw Khiok Miang  mengatakan Chai ji kue dan Ou kue diolah dari campuran tepung beras dan tepung tapioka. Setelah dirasa kalis, potongan tipis daun kucai dan parutan keladi akan dimasukkan hingga menyatu dengan adonan. Hal inilah yang membuat kedua kue basah ini memiliki cita rasa yang unik.

Meski sama-sama diolah dari paduan tepung yang sama, Chai ji kue dan Ou kue memiliki warna dan rasa yang berbeda. Chai Ji Kue atau kue kucai memiliki tekstur warna yang lebih mencolok, yakni hijau lumut. Rasa yang ditawarkan sedikit asin. Sedangkan Ou kue memiliki warna putih keunguan dengan rasa cenderung tawar. 

“Adonan yang telah siap akan dikukus beberapa menit hingga matang. Chai ji kue dan Ou kue bisa dinikmati dalam keadaan dingin maupun panas,” ujarnya.

Anggota DPRD Kota Pontaiank periode tahun 2009-2014 menuturkan agar semakin lezat, bagian atas Chai Ji kue dan Ou kue diberi olahan dari ebi halus, lobak manis, dan bawang putih yang digoreng bersamaan. Rasa legit dari topping ini tak hanya membuat kedua kue basah terasa lezat, tapi juga memberikan sensasi kriuk. Adanya bawang putih goreng semakin mempertajam aroma kedua kue ini.**

Berita Terkait