Ngerjain Sekaligus Eksperimen Sosial

Ngerjain Sekaligus Eksperimen Sosial

  Senin, 4 February 2019 09:14

Berita Terkait

Totalitas Baim Wong, ”King of Prank” lewat YouTube

Dalam waktu hanya sekitar lima bulan, channel YouTube Baim dan Paula meraup lebih dari 2,3 juta subscribers. Kontennya mempunyai ciri khas dan sukses jadi trending. Terutama video-video prank dan social experiment yang aksinya total.  

----

APA yang terlihat di akun YouTube Baim dan Paula merupakan keseharian mereka. ”Saya maunya jadi diri sendiri, riil sehari-hari,” kata Baim saat ditemui di rumahnya di kawasan Jakarta Selatan pada Senin sore (28/1). Lengkap dengan kejahilan-kejahilan yang merupakan ”DNA” Baim. Persiapan membikin konten di YouTube itu sudah bertahun-tahun. Hanya, Baim belum menemukan momennya.

Sampai akhirnya, itu terwujud sejak Agustus 2018 bersamaan dengan persiapannya menikah dengan Paula Verhoeven. Ada video lamaran romantis dan resepsi yang dimasukkan ke channel  tersebut. Penonton lama mungkin ingat video Kakek Kampret. Dengan dandanan kakek-kakek ngeselin, Baim nge-prank orang-orang secara random.

Tetapi, yang paling epik adalah prank jadi orang gila yang totalnya tiga video. Konten spesial itu disiapkan dalam rangka merayakan 1 juta subscribers. Begitu muncul ide, aktor 37 tahun tersebut langsung gerak cepat. Niat banget.

Untuk mengubah tampilannya jadi orang gila, Baim dirias make-up special effect yang pernah bekerja dengan Iko Uwais dan Joe Taslim untuk The Raid dan The Night Comes for Us, Novie Ariyanti dan Ananda Josep. Seniat itu. ”Iya dong, saya kan orangnya jahil. Saya nggak mau kelihatan palsu,” tutur Baim.

Setelah didandani sampai terlihat awut-awutan, dekil, dan memakai sarung yang disampirkan seadanya, Baim bergerak menuju target di kawasan Pondok Indah. Dia meminta belas kasihan kepada beberapa orang di sekitar lokasi.

Dua mobil berisi tim sukses Baim berada di dekatnya. Baru kali ini kan ada ”orgil” dikawal dua mobil, hehehe. Reaksi masyarakat beragam. Ada yang ketakutan. Ada yang mengusirnya. Tetapi, tidak sedikit pula yang berbaik hati memberikan uang. Mereka sama sekali enggak ngeh kalau itu Baim Wong.

Untuk menghargai ketulusan mereka, Baim memberikan uang Rp 1 juta. Gantian, mereka yang kaget saat disodori uang sebanyak itu. Baru setelah diberi penjelasan bahwa itu prank untuk YouTube, mereka tidak menyangkanya dan terharu.      

Di balik keisengannya tersebut, ada misi social experiment. ”Mau lihat respons masyarakat kalau ketemu orang gila kayak apa,” tuturnya. Dia juga sekaligus ingin melihat keberanian untuk memberi. ”Saya sendiri kalau ada orgil, kemungkinan takut mau ngasih,” ungkap aktor yang mulai terjun ke dunia hiburan sejak 2001 itu.

Untuk membuat konten YouTube, Baim dan Paula mempunyai tiga anggota tim. Dari video yang rata-rata 5–10 jam itu diedit hingga durasinya sekitar 18 menit. Konten social experiment tersebut menuai banyak pujian dari penonton. Konten itu pun menjadi trending nomor satu, bahkan di Malaysia.

Masyarakat terhibur dengan tingkah Baim. Totalitasnya juga layak diacungi jempol. Banyak yang merasa diingatkan untuk berbuat baik, tidak membeda-bedakan orang, dan berbagi dengan sesama. Hasil dari AdSense dibagikan lagi ke masyarakat.

Namun, saat ditanya pesan yang disampaikan lewat video YouTube-nya, Baim menyerahkan pada persepsi orang. ”Niat paling kecil biar saya dan Tuhan yang tahu,” ucap bintang serial Viu, The Publicist, itu. Baim mengungkapkan, komentar-komentar penonton lah yang membuatnya terus bersemangat bikin konten-konten baru yang menghibur dan ”berisi”.

Gara-gara konten tersebut, Baim mendapat tawaran dari stasiun TV untuk kerja sama. ”Seneng banget dikasih kesempatan. Mudah-mudahan malah jadi PH (production house),” ujarnya. Bagi Baim, membikin konten itu sudah seperti hobi. ”Di kepala terus muncul ide-ide,” katanya. (nor/c20/jan)

Berita Terkait