Nasib Ferrari di Sisa Musim 2019 Bergantung Hasil Barcelona

Nasib Ferrari di Sisa Musim 2019 Bergantung Hasil Barcelona

  Kamis, 9 May 2019 09:16
FOTO : Sebastian Vettel

Berita Terkait

BARCELONA - Memori indah saat tes pramusim bukan satu-satunya modal buat Ferrari di Grand Prix (GP) Spanyol akhir pekan ini (12/5). Selain itu, Ferrari bakal membawa paket mesin baru untuk membuat dua pembalap mereka, Charles Leclerc dan Sebastian Vettel. Tujuannya jelas, agar membuat mereka lebih kompetitif. 

Penggunaan power unit baru tersebut maju dua GP lebih awal. Sebelumnya, Ferrari menyiapkan upgrade mesin pada GP Kanada, 9 Juni mendatang. Balapan kali ini sekaligus menjadi acuan buat Kuda Jingkrak apakah bisa tetap memberikan perlawanan buat Mercedes di sisa musim ini.

"Saya punya kenangan indah saat tes Februari. Meski dengan kondisi yang berbeda saat itu, dengan suhu udara dan temperatur yang rendah," sebut Leclerc sebagaimana dikutip The Checkered Flag.

Empat balapan yang sudah berlalu sepenuhnya menjadi milik duet Mercedes, Valtteri Bottas dan Lewis Hamilton. Situasi tersebut tentu tidak akan menarik buat para fans Formula 1. Pun demikian dengan persaingan yang melibatkan tim papan atas musim ini. Mercedes terlalu mendominasi, seperti halnya di musim 2016 silam.

Di  Circuit de Barcelona-Catalunya, Montmeló, driver Ferrari punya catatan apik saat tes pramusim. Tetapi, memasuki GP Australia, capaian apik duet Ferrari seperti hilang begitu saja. Pembalap muda Ferrari berharap ada perubahan pada balapan akhir pekan ini.

Ferrari memang dalam kondisi kesulitan untuk mendulang kemenangan perdana di musim ini. Leclerc sempat mendapatkan pole position di GP Bahrain, tetapi harus kehilangan momentum, setelah mengalami masalah di power unit.

Sementara itu, Vettel yang lebih senior mengincar kemenangan pertama di Barcelona bersama Ferrari. Empat musim terakhir, capaian terbaik Vettel yakni pada musim 2017 setelah finis mampu finis kedua. Yakni di belakang Hamilton.

Musim ini, Vettel juga belum memecahkan telur kemenangan. Dua GP terakhir, dia masih naik podium, walaupun hanya sanggup finis ketiga. "Saya selalu memiliki akhir pekan yang positif bersama Ferrari, meskipun kami belum pernah menang," ujarnya.

Vettel menyatakan Sirkuit Barcelona-Catalunya cukup taktikal. Khususnya pada lintasan menanjak di tikungan ke-3 dan ke-9. "Faktanya, anda harus berhati-hati untuk tidak membuat kesalahan," terangnya. Sebab, di sektor tersebut bakal menggerus ban lebih banyak. 

Terpisah, Ferrari juga menyiapkan empat pembalap mereka untuk menjalani tes pekan depan (14-15/5). Selain Leclerec dan Vettel, Ferrari juga menyiapkan dua pembalap lain, Antonio Fuoco dan Callum Ilott yang juga akan mencoba Alfa Romeo. Itu akan menjadi tes perdana buat Ilott, pembalap muda yang kini berjuang di Formula 2. (nap)

Berita Terkait