Musim Berakhir Lebih Cepat

Musim Berakhir Lebih Cepat

  Senin, 13 May 2019 11:07
Seleberasi: Pembalap Mercedes driver Lewis Hamilton (kanan), dan peringkat kedua Valtteri Bottas (kiri), melakukan selebrasi kemenangan dengan mengangkat Dieter Zetsche, Kepala Tim Mercedes-Benz dipodium seusai menjuarai FI Spanyol di Circuit de Catalunya Montmelo, Barcelona (13/5).

Berita Terkait

Mercedes Ulangi Capaian Musim 2014

BARCELONA - Formula 1 musim 2019 bakal bakal berakhir lebih cepat. Sebab, konsistensi dua pembalap Mercedes tidak terbendung lagi. Mereka menciptakan podium 1-2 yang kelima kalinya berturut-turut di musim ini.

Tadi malam, Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas kembali nangkring di podium tertinggi Grand Prix (GP) Spanyol. Bottas yang mengalami start buruk harus kehilangan posisi terdepan saat awal balapan. 

Hamilton mengambil kesempatan emas tersebut, dia tidak melepaskan posisi pertama hingga race rampung. Pembalap Inggris tersebut finis menyegel 25 poin kemenangan. Sedangkan Bottas berada persis di belakangnya dengan gap 4,074 detik. Sedangkan podium ketiga menjadi milik Max Verstappen dari Red Bull (+7,679 detik).

Hamilton juga menjadi pemilik fastest lap di Circuit de Barcelona-Catalunya, tadi malam. Dengan tambahan 1 poin, kini, pembalap 34 tahun ini menjadi pemimpin klasemen sementara dengan 112 poin. Adapun Bottas terpaut tujuh poin lebih sedikit dari rekan setimnya. 

"Ini adalah sejarah dalam menciptakan lima kali posisi 1-2. Saya senang bisa menyelesaikan perbedaan kami dalam balapan," ujar Hamilton. Memang, saat memulai balapan, posisi ketat terjadi di barisan pembalap terdepan. 

Bottas yang mengalami start buruk harus kehilangan kesempatan memimpin balapan. "Saya mendapatkan poin bagus dan akan tetap dihitung musim ini," terangnya.

Pencapaian Mercedes mulai mengulang prestasi apik di awal musim 2014 silam. Kala itu, duet Hamilton dan Nico Rosberg tidak terbendung. Keduanya silih berganti mengamankan posisi 1-2 dalam enam race pertama.  

Situasi yang sama diperlihatkan Bottas dan Hamilton musim ini. Meskipun masih tersisa 16 GP, di atas kertas Mercedes bisa menggamit kemenangan musim ini. Berdasarkan track record yang ada, tim yang mampu mendominasi pada lima balapan awal selalu menjadi pemilik juara di akhir musim.

Apalagi, pernyataan Charles Leclerc, pembalap Ferrari menjelang race di Montmelo juga memantik situasi tersebut. Dia menyebut, apapun hasil di Barcelona bakal menjadi tolok ukur sisa balapan musim ini. Mercedes yang begitu dominan dan kemungkinan besar sulit untuk kehilangan siggasananya. 

Mereka dominan bahkan, kepada Ferrari ataupun Red Bull sekalipun. Max Verstappen yang sudah berusaha keras pun tidak mampu menandingi kecepatan W10 milik Mercedes. "Mobil-mobil Mercedes terlalu cepat. Tetapi kami mampu kompetitif dan senang bisa naik podium," ujar pembalap Belanda tersebut. (nap)
 

Berita Terkait