MTQ Tingkat Pelajar dan Guru Dimulai

MTQ Tingkat Pelajar dan Guru Dimulai

  Selasa, 17 Oktober 2017 10:00
MTQ : Para peserta MTQ tingkat pelajar dan guru se-Kota Pontianak saat pembukaan di masjid Al-Karim, Jalan Tanjung Raya 2, Senin (16/10) pagi. HUMAS PEMKOT FOR PONTIANAK POST

Berita Terkait

PONTIANAK - Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak memberikan perhatian serius untuk menjadikan kota ini sebagai pencipta generasi penghafal Alquran dan mengamalkannya. Setelah sukses dengan khataman Alquran massal hingga memcahkan MURI, Pemkot kembali menggelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) pelajar se-Kota Pontianak mulai, Senin (16/10). 

Ketua Umum LPTQ Kota Pontianak Mulyadi berharap, melalui MTQ tingkat pelajar, pertama bisa membudayakan dan kembali mensosialisasikan kepada masyarakat dan sekolah, agar gemar serta aktif membuat anak-anak yang beragama islam untuk membaca Alquran. 

"Jadi kegiatan itu di sekolah sudah harus dilaksanakan dan wajib," katanya usai menghadiri pelantikan dewan hakim sekaligus pawai MTQ tingkat pelajar dan guru se-Kota Pontianak di masjid Al-Karim, Jalan Tanjung Raya 2, Senin (16/10) pagi. 

Selian MTQ tingkat kota, di sekolah juga diharapkannya ada pertandingan serupa. Dilakuakan di tingkat sekolah masing-masing, seperti kegiatan baca Alquran dan kegiatan lain yang berkaitan dengan Alquran. Misalnya tilawah, tartil, tahfidz, pidato, azan dan lain sebagainya. 

Yang kedua kegiatan ini juga dalam rangka mempersiapkan dan mencari bibit-bibit baru yang bisa mewakili Kota Pontianak dalam pelaksanaan MTQ. Baik untuk tingkat kota, provinsi maupun nasional. "Kami harap memperoleh kader-kader di sini. Makanya sudah mulai, MTQ pelajar ini yang kali ketiganya dilaksanakan. Sedangkan  untuk guru baru kali kedua," jelasnya. 

Untuk MTQ yang diikuti para guru agama menurutnya sekaligus mengingatkan bahwa guru agama juga harus pandai segalanya tentang membaca Alquran. "Kalau guru agama tidak benar baca Alquran nanti mengajar anak didiknya kan susah, itu harapan kami," paparnya. 

Dengan banyak pihak yang berpartisipasi dan antusias tinggi, ia yakin generasi muda Kota Pontianak akan semakin baik ke depannya. "Kalau sudah seperti itu generasi muda dan anak sekolah sudah rajin membaca Alquran, kitab suci yang menjadi pedomannya, Insya Allah menjadi generasi yang baik," tutup Mulyadi yang juga kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan itu.  

Ketua Panitia Aswani Samhudi menambahkan, MTQ tingkat pelajar dan guru se-Kota Pontianak kali ini merupakan salah satu program Pemkot yang masuk dalam rangkaian perayaan hari jadi ke-246 Kota Pontianak. Ada sebanyak 594 orang berpartisipasi, dimana jumlah ini jauh lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya. "Untuk hari ini hanya sekedar pengarahan dari Ketua Umum LPTQ, kegiatannya tiga hari," pungkasnya.(bar)

Berita Terkait