MTQ DMI Pontianak, Lombakan Tiga Cabang

MTQ DMI Pontianak, Lombakan Tiga Cabang

  Selasa, 12 February 2019 09:18

Berita Terkait

Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Pontianak menggelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ). Acara yang berlangsung pada 15-16 Februari 2019 ini akan diikuti 85 perserta yang terdiri dari kategori usia muda 25-40 tahun, dan kategori 41 tahun ke atas.  

Syarifah Azizah, Ketua Panitia Pelaksana mengatakan kegiatan ini sebagai wujud untuk memberikan semangat dan motivasi generasi muda untuk membumikan Alquran. Kegiatan yang dikhususkan untuk peserta perempuan yang berasal dari  Pontianak ini melibatkan banyak pihak. Mulai dari DMI Pontianak, pengurus masjid, majelis taklim, juga organisasi wanita lainnya.

 “Peserta bisa dari utusan masjid, juga dari majelis taklim, maupun dari organisasi Dharma Wanita,” katanya.

Ada tiga cabang yang dilombakan. Mulai dari lomba membaca Alquran secara tartil, hafalan Quran Surah Al Mulk, hingga tausiah agama. Kegiatan ini juga melibatkan dewan hakim dari Lembaga Pengembangan Tilawatir Quran (LPTQ), dan IAIN Pontianak.  

Harapan dari kegiatan ini, kata dia dapat meregenerasi kader-kader masjid sehingga meningkatkan kemauan dan kesadaran untuk membaca Alquran. Terpenting mengamalkan kandungan Alquran dalam kehidupan.

“Semua dari generasi tua dan generasi muda, jemaah perempuan maupun laki-laki bersama-sama memakmurkan masjid,” ungkapnya.

Acara ini dilaksanakan di Aula Rumah Dinas Jabatan Walikota Pontianak, Jalan BLKI. “Kegiatan ini merupakan iniasiasi dari koordinator bidang pembredayaan DMI kota Pontianak, ibu Yeni,” ulasnya.  

Syarifah Azizah juga mengapresiasi semangat peserta yang mendaftar.

Menurutnya, panitia membatasi jumlah peserta hanya 85 orang. Namun, masih ada peserta yang ingin berpartisipasi. “Minatnya masih tinggi. Masih ada yang mau mendaftar. Tetapi kami dari panitia harus membatasi. Karena  ini kan ada durasinya, jadi ada banyak pertimbangan,” ungkap dia. (mrd)

Berita Terkait