Mobil Samsat Diturunkan Permudah Pelayanan Pajak

Mobil Samsat Diturunkan Permudah Pelayanan Pajak

  Jumat, 11 May 2018 10:00
RAZIA: Satlantas dan Samsat Melawi menggelar operasi gabungan di Bundaran Tugu Kilometer Dua, Jalan Pinoh-Kota Baru Tanah Pinoh, Kabupaten Melawi. HAIRIN FITRIANSYAH/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

Razia Gabungan yang Berlanjut Tilang dan Bayar Pajak

Dua pekan terakhir, petugas satuan lalu lintas se kalbar menggelar Operasi Patuh Kapuas 2018 digulirkan. Rabu (9/5) yang merupakan hari terakhir, Polres Melawi menggelar operasi gabungan bersama Samsat dan lainnya.

Hairin Fitriansyah, Nanga Pinoh

OPERASI abungan dilakukan guna meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mematuhi tata tertib lalu lintas. Serta menumbuhkan kesadaran bagi pemilik kendaraan agar melunasi kewajiban pajak kendaraan kepada negara dilingkungan pemerintah daerah.

"Selain penertiban lalu lintas di jalan raya. Kami juga menertibkan para pengendara sepada motor yang belum melunasi pajak kendaraan," ucap Kepala Pelayanan Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Melawi Caha S. Sos belum lama ini.

Dia mengatakan pengendaran terjaring operasi tersebut tidak hanya melangar tata tertib lalu lintas. Tapi mereka juga dikenai sanksi yang belum melaksanakan kewajibannya membayar pajak kendaraan. Ia melanjutkan selama ini jumlah kendaraan sudah banyak. Tapi tingkat kesadaran masyarakat untuk melunasi kewajiban pajak kendaraan masih lemah. Sehingga operasi gabungan ini dilangsungkan agar bisa menjaring para pengendara untuk segera menuntaskan kewajibannya kepada negara. 

"Selama operasi gabungan dilangsungkan, kami juga menyediakan mobil Samsat. Supaya dapat mempermudah memberikan pelayanan pajak.  Bahkan kita juga mendatangi ke warga, sambil mencari tahu alasan kenapa mereka belum membayar,” terangnya.

Caha menyampaikan operasi gabungan ini dilakukan satlantas dan Dispenda Melawi kepada seluruh kendaraan yang melintasi ruas jalan raya. Yakni pada saat razia gabungan melakukan pemeriksaan STNK kendaraan di Bundaran Tugu Kilometer Dua, Jalan Pinoh-Kota Baru Tanah Pinoh, Kabupaten Melawi.

"Jika ada plat merah yang belum menyelesaikan pembayaran pajak kendaraan. Karena alasan satu hal, maka harus segera diselesaikan. Begitu juga kendaran plat nomor merah yang sudah rusak atau di dum. Itu harus dilakukan proses penghapusan aset di daerahnya,” ungkapnya. 

Sementara Kasat Lantas Polres Melawi AKP Aang Permana menanggapi, bentuk tilang kendaraan ini diberikan oleh petugas kepada para pelanggar lalu lintas pada saat razia gabungan operasi patuh kapuas 2018 dilangsungkan.

"Razia operasi patuh berlalu lintas di jalan umum kita tilang langsung di tempat. Ini bukti keseriusan dari Satuan Lalu Lintas Polres melawi dalam melakukan penindakan terhadap berbagai macam pelanggaran lalu lintas oleh masyarakat,” tegasnya.

Dia menyatakan sampai terahir ini pelaksanaan Operasi Patuh Kapuas 2018 dilaksanakan sudah banyak penindakan dilakukan. Terutama bagi para pelanggar lalu lintas yang tidak tertib terhadap peraturan lalu lintas di jalan umum.

Ia mengungkapkan berbagai jenis pelanggaran ditemukan oleh petugas saat operasi patuh kapuas 2018 dilaksanakan. Antara lain para pengguna kendaraan di jalan raya tidak mengenakan sabuk pengaman. Serta angkutan kota yang memasang knalpot dengan suara bising dan pengguna sepeda motor tidak memiliki kelengkapan berkendara.

 “Sebelum operasi patuh kapuas gelar, kami juga sudah memasang spanduk berupa bentuk himbauan kepada masyarakat dilingkungan pemerintah Kabupaten Melawi. Begitu juga termasuk himbauan melalui media massa bahwa Operasi Patuh 2018 akan dilaksanakan hingga tanggal, 9 Mei 2018," imbuhnya.  (*)

Berita Terkait