Misnawar Huddin Pimpin IKBMK Periode 2016 – 2020

Misnawar Huddin Pimpin IKBMK Periode 2016 – 2020

  Rabu, 7 September 2016 09:51
DIABADIKAN BERSAMA: Misnawar (tengah baju hitam) didampingi Ketua IKBM Kalbar H Syukir Yanto dan sebelah kiri KH. Abdullah Yasin bersama pengurus dan panitia Musda VI IKBM Ketapang diabadikan bersama

KETAPANG – H Misnawar Huddin secara aklamasi terpilih untuk memimpin Ikatan Keluarga Besar Madura Ketapang (IKBMK) untuk lima tahun ke depan (2016 – 2020). Dia terpilih dalam Musda VI yang berlangsung di Hotel Borneo Ketapang, Senin (5/9) kemarin.

 
Kegiatan Musda dengan tema: Merajut Kebersamaan dengan Membangun Persaudaraan Sejati tersebut, dihadiri dan dibuka oleh Bupati Ketapang melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Drs H Mansur MSi. Sedangkan tamu undangan lainnya tampak hadir dari Ketua IKMK, Ketua IKBM Kalbar, DPRD Ketapang, Kejaksaan Negeri Ketapang, Dandim 1203 Ketapang,  dan Kapolres Ketapang beserta para tokoh masyarakat Madura.

Bupati dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekda, mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ketapang sangat memberikan apresiasi positif pada kegiatan Musda IKMK ini. Apalagi, dia menambahkan, di Kabupaten Ketapang ini terdiri dari berbagai suku. Dia yakin, dengan pembentukan organisasi semacam ini, sangat baik dengan didukung oleh tata kelola manajemen organisasi yang profesional.

Mansur juga mengungkapkan bagaimana selama ini Kota Ketapang sangat kondisuf dan terjaga keharmonisannya. Walaupun masyarakatnya dari berbagai etnis, namun, diakui dia, tetap tercipta kerukunan bersosialisasi yang baik. Diingatkan dia juga jika sampai saat ini belum pernah terjadi konflik dan meminta agar jangan sampai pernah terjadi. “Semoga Pembentukan organisasi ini dapat membantu peranan pemerintah dalam menciptakan lingkungan yang kondusif, agar para investor berminat menanamkan investasinya di Ketapang, sehingga secara keseluruhannya akan berdampak pada kemajuan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” harapnya.

Sementara itu, Ketua IKBMK terpilih H Misnawar Huddin, dalam penjelasan visi dan misi program mereka ke depannya, akan segera melakukan konsulidasi internal dari IKBMK tingkat desa, kecamatan, dan tingkat kabupaten. Hal ini dimaksudkan dia, untuk menerima aspirasi-aspirasi dari mereka semua, untuk meningkatkan kemajuan organisasi ini. Harapan dia agar mereka memiliki satu misi dan visi, apalagi organisasi ini akan membuat rumah adat Madura. ”Saya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan masyarakat Madura kepada saya,” ungkapnya.

Ketika ditanya mengenai perubahan nama IKMK menjadi IKBMK, Misnawar menjelaskan bahwa masalah tersebut dimaksudkan agar organisasi ini bisa diakomodir dalam sebuah wadah yang lebih besar. Harapan dia agar mereka tidak terkesan terkotak-kotak dan semakin memudahkan dalam jalinan silaturahmi.

Di tempat yang sama, Ketua IKBM Kalbar H Syukir Yanto, mengharapkan agar ketua yang baru terpili,h bisa membawa organisasi IKBMK ini menjadi lebih baik. Dia meminta agar jangan sampai organisasi ini dijadikan seperti partai politik. IKBMK ini, diingatkan dia, adalah organisasi yang bergerak di bidang sosial. Ditegaskan dia bahwa siapa pun yang menjadi ketua, harus bisa menjalankan dan menghidupkan kepengurusan mereka. Dia juga meminta agar para pengurus jangan menjadikan diri untuk menumpang hidup kepada organisasi. “Insyaallah saya akan wakafkan tanah untuk membuat rumah budaya,” janjinya. (pms/ser)