Minum Air Rebusan Pandan, Berikan Manfaat Ini

Minum Air Rebusan Pandan, Berikan Manfaat Ini

  Selasa, 21 May 2019 11:18

Berita Terkait

Daun pandan sering ditemukan di negara-negara tropis dan subtropis seperti India, Myanmar, Vietnam dan Thailand. Aromanya yang wangi seperti vanila, membuat daun pandan sering digunakan saat masakan. Di balik aromanya itu, daun pandan punya manfaat untuk kesehatan.

Tanaman dan daunnya mengandung phytochemical berupa senyawa aktif biologis alami. Menurut penelitian, senyawa kimia pahit hadir dalam daun pandan terdiri dari flavonoid, polifenol, alkaloid, dan saponin. Bukan hanya itu, daun pandan juga mengandung sifat anti bakteri.

Dilansir dari Fashion Lady, Selasa (21/5), cukup dengan merebus daun pandan kemudian meminum airnya bisa memberi manfaat untuk kesehatan. Akan lebih optimal jika diminum secara rutin. Bisa juga dicampur dengan bahan lainnya seperti madu.

Mengurangi Tekanan Darah Tinggi

Salah satu manfaat kesehatan terbaik dari daun pandan adalah mengobati hipertensi atau tekanan darah tinggi. Minuman yang terbuat dari daun pandan bisa menormalkan tekanan darah. Minum air rebusan pandan secara teratur telah menunjukkan efek positif pada jantung.

Caranya, tambahkan 3 gram daun pandan ke 2-3 gelas air mendidih. Biarkan mendidih sampai air berkurang menjadi setengah gelas. Minumlah ramuan ini dua kali sehari, pagi dan sore hari.

Mengatasi Insomnia

Penelitian telah membuktikan bahwa daun pandan mengobati sulit tidur karena mengandung senyawa alkaloid yang memiliki efek menenangkan pikiran dan tubuh. Ambil beberapa daun pandan dan seduh dengan air mendidih. Tambahkan satu sendok makan madu ke dalamnya dan minumlah saat masih hangat.

Menghilangkan Kecemasan

Kecemasan biasa dihadapi kaum urban akhir-akhir ini. Daun pandan memiliki efek menenangkan pada tubuh. Untuk menekan kecemasan, setidaknya ambil 3-5 daun pandan dan potong-potong menjadi irisan tipis. Lalu masukkan ke dalam secangkir air mendidih. Saring dan minumlah airnya sekaligus tiga kali sehari untuk efek menenangkan pada tubuh.

Mengobati Saraf Lemah

Saraf lemah sering menyebabkan kram. Daun pandan bisa mempromosikan saraf yang sehat di dalam tubuh. Siapkan 3 gelas air tambahkan 3 lembar daun pandan. Biarkan mendidih sampai air berkurang menjadi 2 gelas. Biarkan dingin. Saring dan minumlah ramuan ini dua kali sehari, pagi dan sore hari.

Menyembuhkan Diare

Sifat-sifat antibakteri dan antimikroba yang ada dalam daun pandan membantu menyembuhkan infeksi lambung, termasuk diare. Minumlah air rebusan pandan setiap pagi dan sore hari sampai membaik.

Mengurangi Demam

Demam disebabkan karena ada infeksi di dalam tubuh. Daun pandan memiliki sifat anti bakteri, sehingga dapat menghilangkan segala jenis infeksi bakteri dalam tubuh. Buatlah 2 gelas air mendidih, tambahkan 2-3 lembar daun pandan. Saring dan minum air ini dua kali sehari.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani/Jawa Pos

Berita Terkait