Minta Sambas Kembali Jadi Lumbung Pangan

Minta Sambas Kembali Jadi Lumbung Pangan

  Senin, 13 May 2019 12:02
ARAHAN : Gubernur Kalbar Sutarmidji memberikan arahan pada acara Kunjungan Silaturahmi Ramadan di Aula Kantor Bupati Sambas, Sabtu (11/5).HUMPRO KALBAR FOR PONTIANAK POST

Berita Terkait

SAMBAS-Gubernur Kalbar Sutarmidji berharap Kabupaten Sambas bisa kembali menjadi sentra lumbung padi di provinsi ini. Menurutnya nilai perolehan ekonomi nelayan saat ini sudah lebih bagus dan petani. Yakni sekitar 106 persen yang artinya sudah lebih dari enam persen. 

Untuk itu, pemerintah saat ini harus berusaha agar nilai hasil perolehan petani bisa di atas 100 persen dari kebutuhannya. Serta dapat terus ditingkatkan dengan berbagai cara. 

"Saya minta pada tahun 2020, Pak Bupati Sambas saat ini, sekarang satu hektare (padi) hasil  bersihnya sekitar 2,9 ton,  tahun depan sudah harus bisa tiga sampai empat ton per hektare," katanya di sela kunjungan Silaturahmi Ramadan di Sambas, Sabtu (11/5).

Untuk itu pemerintah harus meliat aspek dan variabel apa dan indikator apa yang harus disiapkan untuk meningkatkan hasil produksi petani. Termasuk perternakan juga untuk dikembangkan. "Saya  harap semuanya ini diseriusi bersama, sehingga diharapkan Kabupaten Sambas menjadi Lumbung  pangan di Kalbar," ucapnya. 

Selain itu Pemprov menurutnya juga akan membangun sumber daya manusia (SDM). Maka pada tahun ini di Sambas akan dibangun  SMA Unggulan dengan lahan sekitar lima hektare. "Yang dilengkapi dengan asrama, sehingga bagi yang tinggal jauh dapat menempati dan mempermudah dalam mengenyam  pendidikan di sekolah unggulan tersebut. Saya harap begitu keluar dari sekolah unggulan tersebut  dia sudah bisa menciptakan lapangan kerja atau siap masuki  lapangan kerja," harapnya. 

Pemprov juga akan membangun pusat sertifikasi tenaga kerja. Sehingga SDM yang ada bisa dipakai oleh perusahaan-perusahaan agar mendapatkan hasil yang baik. "Semaksimal mungkin kami harus membuat generasi, anak muda memiliki kemampuan yang baik sehingga mempunyai  daya saing," pungkasnya. 

Sementara itu, Bupati Sambas Atbah Romin Suhaili mengatakan, atas nama masyarakat sambas mengucapkan terima kasih kepada gubenur. Yang mana telah hadir  secara langsung dalam kunjungan silaturahmi ramadan ke Sambas. "Ini bentuk dukungan dan dorongan serta motivasi kami dalam membangun Kabupaten Sambas," imbuhnya.(bar/r)

Berita Terkait