Minta Koperasi Supaya Tetap Eksis

Minta Koperasi Supaya Tetap Eksis

  Sabtu, 17 March 2018 08:05
RATA: Wakil Bupati Sintang, Askiman saat menghadiri pembukaan RAT salah satu koperasi di Sepauk.

Berita Terkait

SINTANG-Wakil Bupati Sintang, Askiman mengatakan, sebanyak 16 unit koperasi di  Sepauk. Lima diantaranya sudah tidak aktif. Koperasi selebihnya diharapkan tetap eksis bertahan.

Askiman memberikan motivasi kepada para pengurus koperasi agar kedepan agar tetap  bisa maju dan berkembang.

“Tingkat capaian suatu keberhasilan daripada sebuah tata kelola usaha apapun, kita akan sukses kalau  dapat mengelola kemampuan diri sendiri dan orang banyak, itu adalah sukses pada diri sendiri, begitu juga kita mengelola orang lain, jadi harus  punya tatanan dapat mengembangkan kemampuan diri sendiri di bidang koperasi agar dapat mengembangkan koperasi,” kata Askiman.

Askiman menambahkan  kalau lahan perkebunan sawit yang dikelola koperasi ini bisa berkembang, Pemerintah bisa membantu untuk pengembangannya.

“Perusahaan sawit disini memiliki 298 hektare lahan, kalaulah dapat berkembang terus sehingga mencapai ribuan hektar, maka 5 tahun kedepan bisa panen, dan kita bantu untuk hilirisasi produk dengan skala kecil bagi tingkat desa, jika hasil panen baik, dan bisa maksimal nantinya, Pemerintah bantu membelikan pabrik mini untuk pembuatan minyak dalam kemasan, ini adalah perwujudan koperasi yang kita impikan,” kata Askiman.

Ia mengajak semua  koperasi optimis  bisa berkembang dan maju. Intansi terkait khususnya kepada Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Sintang diminta terus memantau seluruh koperasi. “Berikan pembinaan dan pengawasan secara langsung,” kata Askiman.

Demikian diungkapkan Askiman saat membuka RAT salah satu koperasi di Sepauk,  bertempat di Langkau Balai Ruai Desa Bangun, yang ditandai dengan pemukulan gong sebanyak tujuh kali dengan didampingi  Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan Koperasi dan UKM  Sintang. (humas)

Berita Terkait