Mind of Zayn

Mind of Zayn

  Senin, 21 March 2016 09:59

SETELAH keluar dari 1D, Zayn Malik benar-benar memulai karir solo nih. Pada 25 Maret nanti, penyanyi yang sekarang ber-nickname ZAYN itu ngerilis album debut solonya, Mind of Mine (2016), yang udah bisa kamu PO di toko musik online maupun offline. So far, empat lagu udah dirilis. Tapi, masih bikin penasaran banget kan? Inilah beberapa bocorannya.

Sebelum debut album solo, Zayn mengeluarkan empat lagu di antara total 18 tracklist dalam Mind of Mine. Single Pillowtalk, It's You, Like I Would, dan Befour didominasi musik RnB, elektronik, 80's, hingga rap! Yes, semua cukup jarang terdengar pada lagu-lagu boyband-nya dulu. Saat diwawancara iHeartRadio, Zayn menjelaskan refleksi dalam album debut solonya tersebut. ’’Lagu-laguku kali ini berasal dari jenis pemikiran dan emosi yang berbeda. Anda juga akan merasakan hal yang berbeda lewat setiap lagu,’’ ungkap Zayn.

Salah satunya melalui lagu Befour yang baru aja dirilis. Zayn membuat beberapa pendengarnya berspekulasi bahwa lagu itu seperti salah eja dan menyinggung keempat rekan di band lamanya. Judulnya pun...yah, mirip.

Namun, lupakan aja semua itu. Zayn juga udah berusaha menghasilkan karya yang berkarakter. Dia mengambil langkah yang tepat ketika memulai solo karir dengan menggandeng Naughty Boy dan James ’’Malay’’ Ho, produser pemenang Grammy Awards yang pernah mengerjakan album Channel Orange milik Frank Ocean. Malay mengungkapkan, untuk mengerjakan beberapa track, pihaknya harus berkemah di hutan Los Angeles. ’’Kami menyalakan generator dan mendirikan tenda untuk mengerjakannya,’’ jelas James dikutip dari Fuse.

Malay, sang produser yang telah bekerja dengan musisi besar seperti John Legend dan Alicia Keys, melontarkan pujian untuk kerja keras Zayn. Menurut dia, Zayn emang benar-benar seorang seniman solo yang menarik. ’’Zayn adalah seorang seniman yang genius. Dia merupakan sebuah bintang yang bersinar dengan hati yang tulus,’’ tulisnya di akun Twitter.

Well, jauh sebelum bersama Malay, Naughty Boy yang memproduseri Zayn juga menyatakan kegeniusan Zayn dalam bermusik. ’’Zayn membuat rekaman musik yang soulful. Dia menulis sendiri. Karyanya ini sangat layak ditunggu dan segalanya akan masuk akal,’’ terang Naughty Boy.

Berkat beberapa single debutnya, termasuk Pillowtalk yang sempat duduk di posisi puncak Billboard 100, Zayn memberikan taste musik orisinalnya kepada para fans yang benar-benar baru dan berbeda dengan One Direction. ’’Sekarang terasa lebih menyenangkan. Aku menciptakan kebahagiaan dengan mencetak prestasi dari apa yang aku lakukan sendiri,’’ ujarnya dilansir dari The FADER.

Menurut Zayn, sejak memutuskan untuk bersolo karir, dirinya merasa lebih ’’clear’’ untuk melakukan apa pun keinginannya. ’’Saya sangat disiplin dan sadar dapat mendorong maju diri sendiri melalui situasi ini,’’ kata Zayn dikutip dari Billboard. FYI, Zayn membocorkan bahwa akan banyak genre musik yang berbeda dalam albumnya. Ada RnB, reggae, upbeat tunes, hingga ballad dengan high note yang cukup halus. So, it's nothing like 1D at all? (Fuse/FADER/ivm/c14/wka)