Mimbar STQ di Titik Nol Derajat

Mimbar STQ di Titik Nol Derajat

  Minggu, 17 March 2019 09:13
TINJAU: Gubernur Kalbar Sutarmidji saat meninjau beberapa lokasi yang akan dijadikan tempat penyelenggaraan STQ Tingkat Nasional 2019, Sabtu (15/3). HUMPRO KALBAR FOR PONTIANAK POST

Berita Terkait

PONTIANAK—Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Sutarmidji melakukan peninjauan persiapan Seleksi Tilawatil Quran dan Hadis (STQ) Tingkat Nasional Tahun 2019, Sabtu (15/3). 

Dalam peninjauan tersebut gubernur didampingi panitia dari perwakilan Kementerian Agama mengunjungi Taman Alun-alun Kapuas dan Tugu Khatulistiwa yang akan dijadikan lokasi penyelenggaraan kegiatan. 

Rencananya pelaksanaan STQ Tingkat Nasional akan dilangsungkan di Kota Pontianak pada akhir Juni atau awal Juli 2019. Gubernur Sutarmidji meminta mimbar lantunan ayat suci Alquran dibangun tepat berada di titik garis Khatulistiwa.

"Nanti para peserta melantunkan ayat suci Alquran selama satu minggu di titik nol derajat, itu akan kami jadikan ikon selama kegiatan berlangsung," ungkapnya di sela-sela peninjauan. 

Menurutnya, akan ada lima titik pelaksanaan kegiatan STQ tingkat nasional di Kalbar. Yakni di Taman Alun-alun Kapuas, titik nol derajat lintang utara dan selatan (Tugu Khatulistiwa), Masjid Raya Mujahidin, Gedung Rektorat Untan dan Kampus IAIN. "Nanti yang paling sensasional itu di titik nol derajat," katanya. 

Kemudian, ada beberapa bangunan yang direncanakan akan dibuat permanen, nantinya bangunan tersebut akan jadi simbol bahwa STQ tingkat Nasional pernah digelar di Kalbar.

"Beberapa bangunan nanti akan dibuat secara permanen dan itu menjadi simbol, mengingat bahwa STQ tingkat nasional pernah ada di Kalbar. Persiapannya lancar dan sejauh ini tidak ada kendala," pungkasnya. (bar/r)

Berita Terkait