Meriahnya Pembukaan, Media Pemupukan Persaudaraan

Meriahnya Pembukaan, Media Pemupukan Persaudaraan

  Senin, 30 July 2018 20:26

Berita Terkait

PONTIANAK-Penjabat Gubernur Kalimantan Barat Dodi Riyadmadji berharap Pesparawi dapat menjadi media positif untuk memupuk rasa persaudaraan dan kebersamaan dalam kehidupan masyarakat antar umat beragama.

"Dengan kemajemukan itu maka diperlukan semangat saling hormat menghormati dan sikap toleransi yang tinggi dari seluruh lapisan masyarakat," harap Dodi saat pembukaan Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) Nasional Ke XII, Senin (30/7) malam di Stadion Sutan Syarif Abdurrahman.

 

Dodi menilai pelaksanaan Pesparawi sendiri memiliki arti penting dalam hubungannya baik dengan umat Kristiani. Termasuk hubungan dengan kehidupan masyarakat Indonesia secara menyeluruh. Dalam konteks internal umat Kristiani, Pesparawi yang dikuti gereja-gereja sebagai sarana perwujudan kerukunan intern diantara umat Kristiani.

Dalam konteks masyarakat Indonesia yang majemuk, Pesparawi yang diselenggarakan secara bergantian di berbagai kota di Indonesia dapat memberikan sumbangan besar bagi upaya pemantapan rasa cinta terhadap tanah air maupun bagi upaya mengembangkan kerukunan hidup antar umat beragama serta penguatanrasa nasionalisme di kalangan umat beragama.

"Pesparawi itu penting bagi ummat  terbentuknya masyarakat yang beradab karena nilai nilai agama penting untuk meneguhkan kehidupan. Bahkan sarana untuk mengaktualisasikan nilai-nilai keimanan," papar Dodi. (mse)

Berita Terkait