Mercedes Ada di Kelas Berbeda

Mercedes Ada di Kelas Berbeda

  Sabtu, 16 March 2019 10:27
LATIHAN :Pembalap Mercedes Lewis Hamilton saat latihan bebas di Melbourne (15/3). PETER PARKS / AFP

Mesin Honda Langsung Kompetitif

 

MELBOURNE – Tidak banyak kejutan terjadi pada latihan bebas hari pertama GP Australia kemarin (15/3). Mercedes tetap mendominasi dengan mengantarkan dua pembalapnya, Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas, menjadi yang tercepat di sesi sore (FP2). Yang agak di luar dugaan justru mesin Honda yang dicangkokkan ke mobil Red Bull. Ia tampil kompetitif!

Sejatinya, jika berkaca pada hasil dua tes pramusim di Barcelona, Ferrari datang ke Australia sebagai favorit. Sayangnya, pada dua sesi latihan bebas kemarin Sebastin Vettel maupun Charles Leclerc belum mampu menemukan performa terbaik dari SF90. 

Ini seakan membuktikan bahwa Mercedes memang melakukan sandbagging alias menyembunyikan kekuatan sebenarnya pada tes Barcelona. Hamilton membukukan waktu 1 menit 22,600 detik untuk mengantarkannya ke posisi puncak daftar pembalap tercepat. Disusul Bottas yang hanya terpaut tipis 0,048 detik. Di posisi ketiga Max Verstappen (Red Bull) lebih lambat 0,8 detik menggunakan mesin Honda.

''Mercedes seakan berada di kelasnya sendiri,'' ucap Vettel. ''Jadi omong kosong apa yang mereka katakan kalau mereka sedang kesulitan (saat tes pramusim)?Aku benar-benar tidak mengerti, ini agak mengejutkan mereka jauh lebih kuat dibandingkan pengakuan mereka sendiri sebelumnya,'' tambah Vettel yang kemarin finis di posisi kelima dengan selisih 0,873 detik.

Juara dunia empat kali F1 tersebut mengeluhkan handling dan kenyamanan pada mobilnya yang hilang dibandingkan ketika tes di Barcelona. ''Karena itu aku merasa kurang percaya diri,'' ucapnya.

Hamilton tak lalu jumawa dengan hasil latihan hari pertama. Dia mengakui mobilnya sangat enak ditunggangi. Sama dengan saat turun di tes pramusim di Barcelona. ''Itu penting karena ini (Albert Park) adalah sirkuit dengan karakter berbeda. Memang masih banyak yang bisa diperbaiki. Tapi ini bukan awal yang buruk untuk memulai musim baru,'' papar pembalap Inggris tersebut.

Bottas lebih optimistis. Menurutnya, S90 miliknya lebih nyaman ditunggangi dibandingkan dengan saat tes pramusim di Barcelona. Padahal timnya tak mengubah banyak hal pada mobilnya untuk menghadapi GP Australia. ''Kami sudah mengetahui seberapa besar kami bisa mengalami kemajuan pada sesi kualifikasi besok (hari ini, Red). Tapi kami tidak tahu seberapa besar tim lain,'' tandasnya.

Sementara itu, Williams menjadi tim paling lemah kemarin. Keterlambatan dua hari dalam menyiapkan mobil baru pada tes pramusim pertama langsung berpengaruh pada performa mereka di latihan bebas. Dua pembalap Williams, Robert Kubica dan George Russel, menempati posisi kedua dan pertama paling buncit. ''Mobil sulit dikendarai dan ketika ada kerusakan sedikit saja, kesulitannya akan bertambah parah,'' akunya. (*/na)

//////////  GRAFIS

Hasil Latihan Bebas 

 

1. Lewis Hamilton (Mercedes) 1menit 22,600 detik

2. Valtteri Bottas (Mercedes) + 0,048 detik

3. Max Verstappen (Red Bull) + 0,800 detik

4. Pierre Gasly (Red Bull-Honda) + 0,842 detik

5. Sebastian Vettel (Ferrari) + 0,873 detik

6. Kimi Raikkonen (Alfa Romeo) + 0,972 detik

7. Nico Hulkenberg (Renault) + 0,974 detik

8. Daniel Ricciardo (Renault) + 1,044 detik

9. Charles Leclerc (Ferrari) + 1,154 detik

10. Romain Grosjean (Haas) + 1,214 detik

11. Daniil Kvyat RUS (Toro Rosso) + 1,333 detik

12. Kevin Magnussen (Haas) + 1,388 detik

13. Lance Stroll (SportPesa) + 1,411 detik

14. Carlos Sainz (McLaren) + 1,533 detik

15. Antonio Giovinazzi (Alfa Romeo) + 1,693 detik

16. Sergio Perez (SportPesa) + 1,801 detik

17. Alexander Albon (Toro Rosso) + 2,075 detik

18. Lando Norris (McLaren) + 2,133 detik

19. George Russell (Williams) + 3,853 detik

20. Robert Kubica (Williams) + 4,055 detik