Menunggu Trayek Angkutan Pedesaan

Menunggu Trayek Angkutan Pedesaan

  Selasa, 14 May 2019 09:59
TUNGGU: Warga menunggu di sebuah truk modifikasi mengangkut penumpang di Pasar Rakyat Landak, beberapa waktu lalu. MIFTAHULKHAIR/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

NGABANG – Kabupaten Landak belum memiliki trayek angkutan pedesaan dan pedalaman di Landak. Sebagai pengganti, truk-truk dimodifikasi untuk dapat mengangkut barang sekaligus penumpang.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Landak, Ependi mengatakan angkutan pedesaan dan pedalaman di Landak yang menghubungkan Ngabang-Darit-Bengkayang belum memiliki trayek. "Kalau yang untuk pedesaan itu yang memang saat ini belum ada,” katanya pekan lalu.

Seperti halnya angkutan umum dari Sidas menuju Darit, memang belum ada angkutan umum pada jalur tersebut. Yang ada hanya Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP) saja. Sehingga untuk saat ini, kata Ependi, pihaknya belum juga dapat membuat program angkutan pedesaan tersebut.

Karena, menurut Ependi, dilihat dari penumpang, tidak ada penumpukan penumpang di terminal. Terutama untuk ke wilayah Kuala Behe atau Serimbu dan sebagainya. Apalagi, dari tahun ke tahun masyarakat sudah semakin banyak yang mempunyai kendaraan pribadi baik roda dua mau pun roda empat untuk transportasi. "Masyarakat sekarang lebih sering dan lebih suka menggunakan kendaraan pribadi," ungkapnya.

Sedangkan untuk program dari Dishub sendiri pada tahun 2017, khusus untuk menanggani transportasi belum ada program khusus. "Karena kita memang dari segi biaya tidak terlalu didukung, jadi program kita biasa saja seperti dari tahun-tahun sebelumnya," beber Eepndi.

Sedangkan terkait dengan bis sekolah, dimana yang sebelumnya di serahkan kepada Kecamatan saat ini sudah ditarik semua. "Kenapa kita tarik, karena pemanfaatannya tidak sesuai dengan yang kita harapkan dengan organisasi pengelola itu," jelasnya.

Maka dari itu sementara bis sekolah tersebut diamankan, kemudian menunggu petunjuk teknis bagaimana pengelolaan bis tersebut. "Ada tiga unit yang kita tarik, dan satu unit yang dari Menjalin namun sampai saat ini tidak bisa difungsikan," tutupnya. (mif)

Berita Terkait