Menpar Arief Yahya Bakal Launching Tour de Bintan

Menpar Arief Yahya Bakal Launching Tour de Bintan

  Rabu, 23 March 2016 08:40

Berita Terkait

JAKARTA--Menteri Pariwisata (Menpar) meluncurkan Tour de Bintan di Balairung Gedung Sapta Pesona di Jl Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (22/3).
Tour de Bintan akan digelar di Pulau Bintan, 1-3 April 2016. Even bertajuk sport tourism ini diprediksi akan diikuti ribuan pembalap dalam dan luar negeri.
"Kemenpar mendukung even ini karena Bintan berdekatan dengan Malaysia dan Singapura," kata Menpar Arief Yahya.
Menpar Arief Yahya yakin even ini akan menyedot perserta dari Singapura dan Malaysia. Peserta dari Singapura hanya butuh 45 menit untuk sampai di Bintan. Pembalap Malaysia perlu satu jam untuk menapai wilayah tak jauh dari Batam itu.
Kemenpar yakin even ini akan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dari Singapura dan Malaysia. Tahun 2015, dua juga orang Singapura dan 1,7 juta warga Malaysia datang ke Indonesia.
Menpar Arief Yahya juga berharap even ini meningkatkan kunjungan wisatawan China. Tahun 2015, wisman China yang datang ke Indonesia berjumlah 1,3 juta.
Luki Zaiman Prawira, kepala Dina Pariwisata dan Kebudayaan Bintan, mengatakan saat ini 1..250 pembalap dari 40 negara menyatakan akan hadir. Ia yakin kebanyakan peserta tertarik dengan Lagoi Bay, kawasan wisata yang disebut Bali di Kepulauan Riau.
Peserta bernyak berasal dari Singapura, dengan 30 persen dari pembalap yang menyatakan hadir. Lainnya adalah Inggris, Australia, dan Indonesia, dengan masing-masing 19, 12 dan enam persen.
Peserta lain datang dari Kanada, AS, Selandia Baru, Jerman, Prancis, dan Jepang.(r)

Berita Terkait