Meningkatkan SDM Untuk SDA Dalam Menghadapi MEA

Meningkatkan SDM Untuk SDA Dalam Menghadapi MEA

  Jumat, 21 December 2018 14:42   1

Oleh Ahrun Nazar

Indonesia, adalah Negara  yang  beriklim tropis dimana   Indonesia ini memiliki Sumber daya alam yang melimpah. Tanah pertanian yang subur sehingga  membuat  sebagian penduduk Indonesia berharap  dapat memanfaatkan  sector pertanian   dalam mengelola   alam yang ada, dimana  kita ketahui  bahwa sumber daya  alam atau biasa disingkat SDA adalah semua kekayaan bumi yang ada , baik biotik maupun abiotik yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia dan kesejahteraan manusia, misalnya: tumbuhan, hewan, udara, air, tanah, bahan tambang, angin, cahaya matahari, dan mikroba (jasad renik), yang paling kaya raya hanya di Indonesia.  Tapi pertanyaan  jika  kekayaan  alam di Indonesia   kaya lalu mengapa  rakyat Indonesia  masih banyak mengimpor bahan pangan dari Negara  lain.

Indonesia memilki jumlah sumber daya manusia  atau biasa disebut SDM   yang  paling banyak  dan jumlah tenaga kerja  yang paling tinggi  untuk kawasan  Asia Teggara.  Namun sayangnya  kesempatan  kerja di Indonesia  belum dapat menampung  semua tenaga kerja  sehingga banyaklah yang menganggur, banyak orang-orang yang tidak memiliki pendidikan , ditambah lagi penyakit malas merajalela dan pada akhirnya membuat SDM yang ada di Indonesia memiliki kualitas  yang sangat rendah, tidak seimbang dengan kualitas SDA yang ada.   Dapat dibilang sangat wajar  jika  SDMnya  tidak bisa mengelola  SDA dengan baik.

Maka untuk menangani  permasalahan SDM agar dapat berkualitas  dan seimbang dengan kekayaan SDA yang ada di Indonesia butuh penanganan  yang serius baik dari pemerintah maupun individu itu sendiri. Apalagi sekarang   Indonesia menghadapi  Masyarakat Ekonomi ASEAN, oleh karena itu di butuhkan kesiapan  Negara  Indonesia  untuk meningkatkan kualitas SDM  dalam bidang ketenagakerjaan agar dapat bersaing dengan Negara lain. Untuk meningkatkan kualitas SDM yang ada salah satunya adalah meningkatkan pendidikan. Pendidikan ini dimana merupakan  sarana Untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi penyelenggaraan pendidikan, perlu ditingkatkan kualitas manajemen pendidikan .Kualitas pendidikan dapat dilihat dari nilai tambah yang dihasilkan oleh lembaga pendidikan, baik produk dan jasa maupun pelayanan yang mampu bersaing di lapangan kerja yang ada dan yang diperlukan. 

Namun dalam meningkatkan kualitas  SDM melalui  pendidikan  perlu adanya pendekatan agar  para pemuda pemudi bangsa dapat merasakan kepuasan  serta bisa mengaplikasikan  dalam kehidupan sehari-hari untuk  mengembang skill dalam berbagai sector terutama dapat mengendalikan  sumber daya alam secara bijak. Adapun pendekatan yang digunakan adalah sebagai berikut: 1. Pendekatan religious, 2 Pendekatan Politik, 3 Pendekatan Ekonomi, 4 Pendekatan Hukum, 5. Pendekatan Sosio-Kultural ,6. Pendekatan Administratif/Manajerial.

Dan  beberapa dibawah ini ciri-ciri  idealnya manusia yang berkualitas sebagai berikut yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang maha esa, berbudi luhur, berkepribadian, berdisiplin, bekerja keras ,tangguh, bertanggung jawab, mandiri, cerdas dan terampil, sehat jasmani dan rohani, cinta tanah air, semangat kebangsaan yang tinggi, mempunyai rasa kesetiakawanan sosial, sikap inovatif dan kreatif. Jika didalam diri setiap individu manusia memiliki ciri diatas. Maka  dijamin sumber daya alam bisa  terkelola dengan baik  serta dapat siap dalam menghadapi tantangan masyarakt ekonomi ASEAN. 

Begitulah beberapa cara mengembalikan kejayaan Indonesia untuk menghadapi tantangan MEA. Tentu Indonesia membutuhkan Sumber Daya Manusia yang berdaya saing tinggi  yang mampu bertindak lebih  dari orang asing  yang semakin merajai hasil bumi Indonesia. SDM Indonesia  jangan samapi kaku dan tidak memiliki kualitas  apa-apa dalam menghadapi MEA ini. Dan pemerintah  juga  tetap selalu mengawasi  SDA dan SDM jika ada ketimpangan-ketimpangan maka pemerintah sudah sigap untuk bertindak  tegas terhadap permasalahan-permasalahan  yang ada. Serta juga bertindak tegas terhadap Negara asing yang ingin menguasai kekayaan alam yang dimiliki Indonesia. Agar rakyat Indonesia  bisa merasakan manfaat dari hasil mereka sendiri. Dengan catatan SDM harus berkualitas.

Penulis adalah Mahasiswa IAIN Pontianak