Menikmati Spot Selfie Ala Kutub Utara Hingga Sepeda Udara di Batu

Menikmati Spot Selfie Ala Kutub Utara Hingga Sepeda Udara di Batu

  Senin, 26 November 2018 09:29
Pengunjung ber-selfie di spot Kutub Utara yang ada di Batu Flower Garden (BFG). (Fisca Tanjung/ JawaPos.com)

Berita Terkait

Kota Batu memang terkenal dengan daerah bersuhu udara sejuk sekaligus punya cukup banyak tempat wisata alam yang eksotis. Salah satu tempat wisata yang saat ini sedang populer di Batu adalah Batu Flower Garden (BFG). Di taman wisata alam ini terdapat banyak sekali spot selfie yang bisa memanjakan wisatawan.

Setidaknya ada sekitar 28 spot yang tersedia. BFG berlokasi kurang lebih 4,5 km dari alun-alun kota Batu. Taman wisata tersebut dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Namun, karena akses jalannya yang sempit, wisatawan harus berjalan kaki sekitar 1,5 km dari area parkir untuk sampai ke Batu Flower Garden.

Untuk lokasinya sendiri sudah sangat terkenal, bahkan wisatawan sudah dapat melihat lokasinya di Google maps. Yakni beralamat di Oro-Oro Ombo, Kehutanan, Kecamatan Batu, Kota Batu. Wisata Batu Flower Garden selain dekat sekali dengan Coban Rais, juga dekat dengan Jatim Park 2 serta Predator Fun Park.


Selain bisa Kutub Utara, pengunjung Batu Flower Garden (BFG) juga bisa merasakan sensasi naik di atas sepeda udara. (Fisca Tanjung/ JawaPos.com)

Di wisata ini, anda bisa menghabiskan waktu seharian penuh untuk mengelilingi taman seluas lebih dari 15 hektar ini. Pasalnya, di taman wisata ini, terdapat sekitar 28 spot selfie yang bagus-bagus dan sayang untuk dilewatkan.

Tim Marketing BFG Hegar Rivaldo mengatakan, Batu Flower Garden resmi dibuka pada Desember 2016 lalu. Hingga saat ini, setidaknya terdapat 28 spot selfiekhusus dewasa. "Ada 8 spot untuk anak-anak," ujarnya pada JawaPos.com.

Beberapa spot selfie tersebut antara lain spot flower, gowes air (sepeda udara), love, flying hammock, ayunan, sky camp, kursi terbang, rock climbing, hammock garden, apple, eskimo, sumrfy house, tree house, dan masih banyak yang lainnya.

Dari beberapa spot tersebut, beberapa yang menjadi favorit wisatawan. "Gowes air, ayunan, eskimo, hobbit town, dan hammock tower," lanjutnya.

Pada spot gowes air, wisatawan bisa menikmati pemandangan alam sekaligus memacu adrenalin. Pasalnya, pada spot ini wisatawan bakal berada diatas ketinggian sembari menaiki sepeda. Namun jangan khawatir, pengelola telah menyediakan safety riding untuk spot ini. Bahkan, ada tim pengawas khusus yang disediakan.

Selanjutnya untuk spot eskimo, pengunjung bisa berfoto ala-ala berada di kutub utara. Di spot ini, terdapat rumah igloo dilengkapi dengan patung manusia salju. Bahkan, juga disediakan jaket tebal dan aksesoris ala kutub, sehingga semakin mempercantik hasil selfie.

Sementara di spot Hobbit Town, pengunjung bakal memasuki area layaknya di film The Lord of The Rings. Terdapat rumah-rumah ala hobbit dengan pintu berwarna warni. Rumah itu juga ditata di sepanjang lereng bukit. Di depan rumah juga dilengkapi dengan jalan setapak yang memudahkan wisatawan untuk berjalan kaki.

Batu Flower Garden menyajikan taman bunga yang indah yang terletak di lereng gunung. Menurut Hegar, kurang afdol rasanya jika tidak berfoto di salah satu ikon BFG, yakni di gardu pandang I Love You. Gardu pandang I Love You terletak di ketinggian tertentu, sehingga dari 1 sudut pandang kamera saja sudah mendapatkan panorama alam yang luar biasa.

Karena tujuan dari taman wisata ini adalah spot foto, maka pengelola wisata pun memberlakukan beberapa ketentuan di tempat ini. Ketentuan ini dibuat agar perjalanan wisata spot foto di Batu Flower Garden lebih menyenangkan.

Yakni dimulai dari pembelian tiket, spot foto, sesi foto, hingga pengambilan soft filefoto. Ya, saat memasuki area wisata, wisatawan diwajibkan untuk membeli tiket masuk. Di dalam, wisatawan akan ditawari beberapa paket untuk berswafoto.

Sebenarnya, dari harga tiket masuk sudah terdapat dua spot foto yang bisa dinikmati secara gratis. Namun, jika ingin menambah spot foto lain, mereka bisa menambah biaya sesuai spot foto yang dipilih.

Perlu diketahui, tempat ini akan sangat ramai setelah habis duhur atau sekitar jam 13.00 WIB sampai dengan tutup yaitu jam 16.00 WIB. Jika anda tidak terlalu suka dengan keramaian, mungkin bisa datang ketempat ini mulai pukul 09.00 WIB. Setelah cukup ber-selfie, bisa dilanjutkan perjalanan ke wisata Coban Rais.

Ya, dibalik taman bunga ini, ternyata ada tempat wisata lain yang berjarak hanya 750 meter dan tidak kalah menarik yaitu air terjun Coban Rais. Coban Rais merupakan salah satu air terjun terbaik di Kota Batu.

Hegar menyampaikan, pengunjung BFG terus mengalami kenaikan. Pada hari biasa, pengunjung bisa mencapai 300-400 orang per hari. "Kalau weekend bisa sampai 1000 orang," kata dia. Tidak hanya dari sekitar Malang Raya saja, wisatawan juga banyak yang berasal dari Kalimantan, Sulawesi, dan Sumatera. Bahkan, ada juga yang berasal dari Malaysia dan Myanmar.

Dia mengungkapkan, pihaknya rutin melakukan penambahan spot-spot baru. "Setiap 2 bulan ada dua sampai tiga spot baru," terangnya. Pihaknya secara rutin mengecek masing-masing spot setiap hari. Hal itu untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi wisatawan.

(fis/JPC)

Berita Terkait