Menhub Lantik Rektor Untan jadi Ketua Kagama Kalbar

Menhub Lantik Rektor Untan jadi Ketua Kagama Kalbar

  Sabtu, 24 February 2018 11:00
PATAKA: Ketua Harian Kagama Pusat Budi Karya Sumadi menyerahkan bendera pataka kepada Ketua Kagama Kalbar Prof Dr Thamrin Usman DEA yang juga Rektor Untan.

Berita Terkait

Temu Kangen Dipenuhi Keceriaan dan Keseruan

SUASANA kemeriahan, dan keceriaan dan keseruan memenuhi area Ballroom Hotel Mercure Pontianak saat acara Temu Kangen Keluarga Besar Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) Kalimantan Barat, Kamis (22/2) malam. Apalagi acara ini dihadiri langsung Ketua Harian Kagama Pusat Budi Karya Sumadi, yang juga Menteri Perhubungan RI. Temu Kangen juga dibarengi Pelantikan Pengurus Kagama Kalbar Periode 2017-2022 yang diketuai oleh Rektor Universitas Tanjungpura Prof Dr H Thamrin Usman DEA.

Kegiatan pelantikan sendiri berlangsung khidmat pada awalnya, terurama saat pembacaan SK, penyematan pin, dan penyerahan bendera pataka. Thamrin Usman Juga menyematkan tanjak khas Pontianak ke Budi Karya. Selanjutnya digelar acara ramah tamah yang penuh dengan keceriaan dan keseruan. Bahkan Menteri Budi Karya ikut menyumbangkan lagu.

Ratusan anggota Kagama juga diajak untuk mengikuti gimmick dan doorprize. Misalnya mereka diminta menceritakan pengalaman masing-masing saat menempuh studi di Jogja. Ada yang menceritakan kisah berpacaran sesama teman satu kampus hingga menikah. Selain itu ada yang menuturkan pengalaman mencekam saat demonstrasi 1998. Adapula yang mengisahkan keberuntungan lepas dari maut saat gempa bumi yang melanda Yogyakarta tahun 2006. Keseruan yang ada membua acara yang berlangsung sejak pukul 18.30 hingga pukul 21.30 tidak terasa.

Menteri Budi Karya Sumadi dalam sambutannya mengatakan, sejak angkatan pertama para lulusan UGM telah banyak berbuat untuk bangsa dan negara. Dia berharap Kagama Kalbar dapat melanjutkan hal tersebut. Menurutnya sebagai universitas terbaik dengan peringkat 1 di Indonesia, UGM sudah melahirkam banyak tokoh penting sepanjang sejarah bangsa ini. Termasuk Presiden Joko Widodo. "Tidak hanya punya Presiden, anggota Kagama juga punya peran penting dalam masyarakat di berbagai sektor," ucap dia. 

Sementara itu, Ketua Kagama Kalbar Prof Dr Thamrin Usman DEA menyebut alumni UGM telah tersebar di berbagai penjuru Kalbar. “Banyak yang dipemerintahan, dunia usaha, perbankan, termasuk sebagai dosen di Untan. Ini membuktikan alumni UGM punya komitmen ikut membangun Kalbar, dan Indonesia,” imbuh Rektor Untan ini.

Alumni UGM, kata dia, sudah berbuat banyak untuk kemajuan provinsi ini, sejak dulu dan masa otonomi daerah dewasa ini. "Di masa otonomi daerah situasinya berubah. Namun Alumni UGM selalu hadir di masyarakat dari berbagai sektor. Banyak rektor Untan adalah alumni UGM. Begitu juga pada jabatan pemerintahan, kepala daerah dan dunia usaha, serta sektor lainnya berasal dari UGM," ucap dia. 

Lanjut Rektor Untan, setelah pelantikan Kagama akan menggelar berbagai kegiatan kemasyarakatan. "Berkumpulnya kita selain bersilaturahmi bersama, kita ingin setelah acara ini memberikan sesuatu yang lebih kepada masyarakat. Saya mengajak masyarakat untuk berbakti memajukan Kalbar dan Indonesia," tutup dia. (ars)

Berita Terkait