Mengurai Kemacetan Kota Pontianak

Mengurai Kemacetan Kota Pontianak

  Rabu, 30 May 2018 10:00

Berita Terkait

PONTIANAK-Semakin mapan sebuah kota itu berdiri, maka semakin kompleks juga permasalahan yang dihadapi. Seperti masalah macet pada jam tertentu, banyak faktor yang menyebabkan hal itu.

Edi Rusdi Kamtono pada “ngobrol bareng” di salah satu Café di Kota Pontianak menuturkan “Kota Pontianak adalah kota perdagangan dan jasa sehingga biasa kita lihat truk, fuso dan bahkan tronton yang melewati jalan kota Pontianak. Sebagai jalur distribusi dari pelabuhan ke gudang kemudian di salurkan untuk memenuhi kehidupan masyarakat Kalimantan Barat.

Masyarakat kota Pontianak dianggap “mampu”  itu dikarenakan mudahnya orang memperoleh kendaraan, bahkan hampir semua pelajar sudah di belikan oleh orang tuanya kendaraan buat mempermudah ke sekolah. “Kita tidak bisa melarang atau membatasi orang membeli kendaraan, dalam satu bulan ada ratusan kendaraan roda empat  dan ribuan kendaraan roda dua yang terjual,” kata Edi Rusdi Kamtono.

Salah satu konsep yang telah digagas adalah membangun jalan baru menyerupai “Jaring laba-laba”. Fungsinya untuk memecah sejumlah titik kemacetan. (iza)

Berita Terkait