Memperlancar Distribusi Orang dan Barang

Memperlancar Distribusi Orang dan Barang

  Jumat, 24 May 2019 11:57

Berita Terkait

Jelang Lebaran, Jumlah Penumpang Kapal Melonjak

Harga tiket pesawat tinggi. Diperkirakan akan terjadi lonjakan penumpang yang menggunakan kapal laut. Mengantisipasi hal ini,  kami dan KSOP sudah membuat posko terpadu bekerjasama dengan TNI AL serta pihak terkait lain. Semua demi kelancaran mudik lebaran. Mudah-mudahan koordinasi ini, memperlancar kegiatan distribusi penumpang dan barang.

Ahmad Fahrozy, SAMBAS

SEJUMLAH Pelabuhan di bawah naungan PT Pelindo II Cabang Pontianak, saat ini sudah memperlihatkan lonjakan penumpang kapal untuk tujuan mudik lebaran. 

“Hampir rata-rata, seluruh pelabuhan termasuk yang ada di Kalimantan Barat sudah mulai mengalami lonjakan penumpang kapal,” kata General Manager PT Pelindo II Cabang Pontianak, Adi Sugiri saat di Pelabuhan Perintis Sintete Kecamatan Semparuk Sambas.

Seperti di Pelabuhan Pontianak. Pihaknya sudah melakukan keberangkatan dengan 1.200 penumpang. Kemudian di Pelabuhan Perintis Sintete, akan ada keberangkatan sekitar 200 penumpang. Dimana jumlah ini, sudah mengalami lonjakan dibandingkan dengan hari-hari biasa. 

“Kalau lonjakan penumpang sudah ada, hanya saja untuk puncaknya, sesuai pengalaman-pengalaman di tahun sebelumnya, akan terjadi menjelang dan memasuki masa cuti bersama lebaran,” katanya.

Pihaknya, bersama dengan KSOP serta pihak terkait lainnya termasuk TNI AL telah melakukan langkah-langkah antisipasi menyikapi sudah adanya lonjakan penumpang. 

“Terlebih dengan harga tiket pesawat yang tinggi, kami perkirakan akan ada lonjakan penumpang yang menggunakan kapal, mengantisipasi hal ini,  kami dan KSOP sudah membuat posko terpadu bekerjasama dengan TNI AL serta pihak terkait lainnya, dalam rangka kelancaran penumpang yang akan mudik lebaran, mudah-mudahan melalui koordinasi seperti ini, memperlancar kegiatan distribusi penumpang dan barang melalui pelabuhan,” katanya.

Bahkan, rapat yang sudah dilaksanakan bersama KSOP dan pihak terkait lainnya. Akan ada perapatan jadwal keberangkatan kapal mendekati Lebaran Idul Fitri. 

“Kami sudah meminta ke kapal untuk jadwal yang ada dipadatkan, sehingga jarak waktu kedatangan kapal tak terlalu jauh agar penumpang tak membludak di pelabuhan. Termasuk antisipasi penambahan jumlah kapal jika diperlukan juga sudah disiapkan,” katanya. Adi menambahkan, lantaran saat ini masih Bulan Ramadan, pihak Pelindo dan KSOP juga membantu menyiapkan takjil atau makan minum berbuka puasa secara gratis di terminal keberangkatan penumpang kapal di pelabuhan. Ini diharapkan membantu masyarakat yang sedang menjalankan ibadah puasa. (*)

Berita Terkait