Mempawah Jadi Spot Favorit Pemancing

Mempawah Jadi Spot Favorit Pemancing

  Senin, 17 June 2019 09:40
SPOT FAVORIT: Salah seorang pemancing dari Kota Pontianak di Pulau Penibung. IST

Berita Terkait

MEMPAWAH - Kabupaten Mempawah merupakan salah satu daerah pesisir di Provinsi Kalimantan Barat. Kekayaan alam laut dan pantainya menjadikan daerah itu sebagai salah satu spot favorit bagi para pemancing dari berbagai daerah. Setiap akhir pekan, tak sedikit para pemancing berdatangan ke Kota Bestari.

Reza, salah seorang pemancing asal Kota Pontianak menyempatkan diri bersama sejumlah kerabatnya untuk memancing di Kota Mempawah. Spot memancing tujuannya adalah Pulau Penibung. Pulau yang dulunya merupakan satu daratan dengan Desa Pasir ini, menjadi salah satu lokasi strategis untuk menangkap berbagai jenis ikan.

“Saya bersama rombongan keluarga datang dari Pontianak untuk memancing ke Pulau Penibung. Kami sering mendengar dari rekan-rekan lainnya jika di Pulau Penibung ini sangat menarik dan memiliki tantangan tersendiri untuk memancing,” ujarnya, Minggu (16/6) pagi di Mempawah.

Pria yang juga mahasiswa salah satu universitas terkenal di Kalbar itu mengaku sangat antusias datang ke Pulau Penibung. Selain untuk menyalurkan hobi memancing, sekaligus menikmati pemandangan pantai dan laut yang sangat eksotis.

“Suasana liburannya sangat menyenangkan. Karena, selain bisa memancing bersama keluarga sekaligus dapat menikmati suasana alam di Pulau Penibung. Sehingga, liburan terasa sangat berkesan dan menyenangkan,” pendapatnya.

Lebih jauh, anak bungsu dari tiga bersaudara ini mengatakan, hobi memancing didapatnya dari orang tua. Hampir setiap kesempatan, orang tuanya kerap bepergian ke luar kota untuk mencari spot-spot memancing yang menantang.

“Jika libur kerja, bapak pasti pergi ke luar kota untuk memancing. Kota Mempawah ini merupakan salah satu lokasi favorit bapak untuk memancing. Biasanya, bapak memancing di Sungai Pinyuh, Sungai Mempawah atau Pulau Penibung ini,” ungkapnya.

Karenanya, dia menyebut tidak melewatkan kesempatan untuk memancing ke Pulau Penibung bersama keluarga besarnya. Dia berharap bisa membawa pulang hasil tangkapan yang memuaskan dari Pulau Penibung.

“Mudah-mudahan bisa mendapatkan ikan besar sehingga sensasi tarikan pancingnya bisa menantang,” harapnya.

Ditanya suasana alam Pulau Penibung, Eza menilai sangat menyenangkan. Menurut dia, kekayaan alam di Pulau Penibung dapat menjadi salah satu objek wisata alam yang dapat menarik minat wisatawan lokal maupun luar negeri. Asalkan, lokasi itu mendapatkan penataan dan pengelolaan yang lebih baik.

“Selain perlu penataan lingkungan pantai, fasilitas umum dan infrastruktur jalan, juga yang paling penting transportasi untuk menyeberang dari Kota Mempawah ke Pulau Penibung. Jika pemerintah daerah serius untuk mengelolanya, saya yakin Pulau Penibung akan menjadi objek wisata alam yang menarik untuk dikunjungi,” tukasnya.(wah)

 

Berita Terkait