Meluas Jalan Menuju Goa Maria Hancur

Meluas Jalan Menuju Goa Maria Hancur

  Senin, 26 September 2016 09:32
OBYEK WISATA : Danau tersebar di sejumlah kecamatan di Kapuas Hulu, tetapi sarana dan prasarana serta infrastruktur belum memadai. Seperti danau Bungkang Embaloh Hilir.FOTO MUSTA’AN

Berita Terkait

Hujan berkepanjangan menggerus jalan-jalan di pedalaman. Bukan kali ini saja. Tetapi nyaris setiap tahun. Kerusakan ini nyaris merata. Warga pun mengeluh. Menunggu pihak provinsi memperbaikinya. Sebab, jalan rusak, artinya terhambat pula perekonomian di kawasan paling ujung Kalbar itu.

 

Musta’an, SEBERUANG

 

RUSAKNYA jalan provinsi, Simpang Sejiram- Semitau yang panjangnya hanya 26 KM juga diperparah rusaknya ruas jalan kabupaten di Sejiram, kota Kecamatan Seberuang Kabupaten Kapuas Hulu. Tak hanya itu, akses menuju Goa Maria yang merupakan obyek wisata rohani di daerah itu juga mengalami kerusakan yang cukup parah dan sudah terjadi sejak beberapa tahun terakhir ini.

Loren, tokoh masyarakat Sejiram kepada koran ini mengungkapkan, kerusakan ruas jalan kabupaten di dalam kota Sejiram, Desa Keledan menuju desa gurung dan goa Maria mengalami kerusakan yang sangat berat dan sulit dilewati. Padal, kata dia jalan tersebut merupakan satu-satnya akses ekonomi masyarakat diwilayah itu.Baik untuk mengangkut hasil perkebunan maupun pengangkutan sembako.

“Di Kecamatan Seberuang itu, tidak hanya jalan provinsi yang rusa parah. Jalan kabupaten seperti di dalam kota Sejiram menuju Keledan dan Keledan menuju desa gurung juga rusak berat,” terang pria asal desa Keledan ini.

Loren mengkungkapkan, aktivitas mobilisasi masyarakat, angkutan barang dan orang ke beberapa desa wilayah itu cukup sulit. Sehingga berdampak langsung pada sektor ekonomi.

Untuk itu, Loren berharap pembangunan infrastruktur dasar berupa jalan dan jembatan di beberapa desa di Kecamatan Seberuang di perhatikan pemerintah daerah. Apalagi menuju obyek wisata goa maria yang merupakan salah satu obyek wisata rohani di Kapuas Hulu. “Goa Maria itu merupakan salah satu aset wisata yang sangat penting di daerah itu, dan mesti dilestarikan dan dijaga,” ucapnya.

Sebab, jika jalan rusak, akses ekonomi akan terganggu. Demikian juga dengan wisatawan yang akan berkunjung ke Goa Maria juga akan kesulitan. Dikesempatan yang sama, ia juga mendukung Budiajro anggota DPRD Kapuas Hulu yang menyoroti rusaknya jalan provinsi Simpang Sejiram-Semitau. Loren berharap ada yang koordinasi antara Pemkab Kapuas Hulu dan Pemprov Kalbar, menangani jalan itu.

“Jalan Provinsi Simpang Sejiram-Semitau itu memang sudah lama rusak berat dan perlu penanganan segera, karena itu jalan poros kecamatan,”katanya. Tingginya mobilisasi masyarakat dan perusahaan perkebunan di Sejiram, Semitau dan Suhaid juga berdampak pada kerusakan jalan. Koordinasi yang baik dari para pihak sangat penting. Sehingga ketika terjadi kerusakan, tidak berlangsung lama. (*)

Berita Terkait