Melirik Pantai Siduk Sukadana; Menarik, tapi Belum Dikenal

Melirik Pantai Siduk Sukadana; Menarik, tapi Belum Dikenal

  Sabtu, 26 May 2018 09:37
NARIK PUKAT: Warga saat menarik pukat di Pantai Siduk, di Desa Simpang Tiga, Kecamatam Sukadana. Pantai tersebut sangat memerlukan perhatian pemerintah setempat lantaran belum tertata. ISTIMEWA

Berita Terkait

Pantai Siduk merupakan satu dari sekian banyak pantai di Kabupaten Kayong Utara menarik untuk dikunjungi. Hanya saja pantai yang terletak di Desa Simpang Tiga, Kecamatan Sukadana ini kurang begitu dikenal oleh masyarakat luas.

Tak seperti Pantai Pulau Datok atau Pantai Pasir Mayang di Pampang Harapan di kecamatan yang sama dengan pantai tersebut. Kedua pantai ini sudah masuk dalam kamus Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga setempat sebagai objek wisata unggulan Kayong Utara. Tak heran, jika Pulau Pulau Datok dan Pasir Mayang jadi tempat tujuan utama wisatawan lokal hingga mancanegara.

Kendati popularitasnya di bawah Pulau Datok dan Pasir Mayang, bukan berarti Pantai Siduk tak menarik. Menurut Kepala Dusun Siduk, Syamsudin Noor, pantai di wilayahnya itu tak kalah indahnya dengan pantai lain di Kayong Utara. Bahkan, dirinya menilai kalau Pantai Siduk memiliki daya tarik tersendiri yak tak bisa disamakan dengan pantai lainnya.

"Bicara daya tarik dan keindahan pemandangannya, pantai kita tak kalah. Hamparan pasir yang luas dengan air yang dangkal, menjadi daya tarik tersendiri pantai ini. Hanya memang infrastruktur kita kalah saing dengan Pulau Datok dan Pasir Mayang. Maka, kita sangat butuh dukungan pemerintah supaya pantai kita ini bisa dilirik wisatawan lebih luas," terang Syamsudin saat disambangi ketika menarik pukat tarik di bibir Pantai Siduk, belum lama ini.

Dikatakannya, walau kurang dikunjungi wisatawan luar, namun Pantai Siduk menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Desa Simpang Tiga dan sekitarnya. "Kami dan masyarakat setempat lainnya sering melewati waktu dengan menikmati pemandangan di Pantai Siduk ini. Terlebih di bulan puasa ini, asyik melihat suasananya sambil menanti waktu buka puasa," timpalnya.

Sementara, Pantai Siduk juga menjadi salah satu tempat bagi warga Desa Simpang Tiga dan sekitarnya mencari penghasilan tambahan. Seperti menangkap hasil laut di sekitar bibir pantai.

Karenanya, salah satu pemuda desa Simpang Tiga, Fahrizal Arbi, berharap kebersihan pantai harus dapat terus terjaga. "Kebersihan pantai adalah tugas kita bersama. Kita semua mesti peduli dengan kebersihan pantai kita, karena banyak warga kita yang menaruh harapan dari pantai ini," kata Fahrizal yang juga salah satu pengurus dalam organisasi kepemudaan di Desa Simpang Tiga saat berada di Pantai Siduk.

Orang yang akrab disapa Yayank tersebut mengaku optimistis jika hasil tangkapan di bibir Pantai Siduk akan meningkat, jika kebersihan pantai lebih terjaga. Saat ini, diakuinya, kondisi pantai sedikit bersampah, sehingga mempengaruhi perkembangan hewan laut. "Bisa jadi akibat sampah yang ada si sekitar pantai, membuat ikan dan sejenisnya tidak mau menepi," pungkasnya. (dan)

Berita Terkait