Melihat Vihara Thi Cu Miau Sip Sam Hong Singkawang , , Bangunan Ibadah Tri Dharma di Komplek Lapas

Melihat Vihara Thi Cu Miau Sip Sam Hong Singkawang , , Bangunan Ibadah Tri Dharma di Komplek Lapas

  Rabu, 2 December 2015 08:34
KEBERSAMAAN: Perayaan Ultah Pekong Thi Cu Miau yang terletak di dalam Lapas Singkawang dihadiri ratusan masyarakat. OZY/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

Adanya tempat ibadah di dalam Lapas, diharapkan membantu warga binaan menjalankan ibadahnya masing-masing lebih maksimal, meski yang bersangkutan sedang menjalani masa tahanan.Fahrozy, SINGKAWANG

KEPALA Lapas Klas IIB Kota Singkawang, Sambiyono, Senin (30/11) mengatakan hal ini saat perayaan ulang tahun vihara Thi Cu Miau Sip Sam Hong Singkawang yang bangunannya berada di kompleks Lapas. Dirinya berharap pekong yang ada, ke depannya lebih bisa menunjang peningkatan keimanan penghuni lapas terutama yang beragama Buddha.

"Vihara yang ada di Lapas, sampai saat ini terus digunakan warga binaan yang beragama Buddha. Bahkan diantaranya beberapa masyarakat umum, juga pernah beribadah di kelenteng tersebut," kata Sambiyono, Senin (30/11). Sejak dibangun secara swadaya oleh masyarakat serta donatur. Setiap tahun selalu diadakan perayaan ulang tahun tempat ibadah tersebut. Termasuk seperti sekarang, yakni perayaan ulang tahun vihara Thi Cu Miau Sip Sam Hong Singkawang.

"Perayaan ulang tahun, dilaksanakan secara swadaya oleh para pengurus serta donatur. Dengan harapan lebih memperkenalkan vihara tersebut ke masyarakat luas. Ditambahkan Sambiyono, selain vihara, di dalam kompleks Lapas juga terdapat bangunan Masjid serta Gereja."Kita berharap, adanya beberapa tempat ibadah di Lapas, membantu warga binaan meningkatkan ibadahnya. Dengan demikian, dari sisi keagamaan mereka tetap diberikan kebebasan meningkatkan ibadahnya sesuai agama dan kepercayaan masing-masing," katanya.

Selain itu, dengan adanya bangunan masjid, gereja serta vihara di kompleks Lapas yang letaknya bersebelahan. Pihak Lapas ingin mengajarkan nilai-nilai toleransi dalam beragama."Kita ingin menanamkan, sesama pemeluk agama untuk saling menghormati. Hal ini sengaja kita buat dan kita tanamkan kepada warga binaan," katanya.Ketua Panitia Ultah vihara Thi Cu Miau Sip Sam Hong Singkawang, Apin mengatakan melalui kegiatan ini, diharapkan menjadi ajang silaturahmi dan lebih memperkenalkan kepada masyarakat luas keberadaan salah satu tempat ibadah tersebut.

"Sebagai masyarakat, terutama para donatur. Sepakat ingin merayakan ulang tahun Vihara yang ada di dalam Lapas. Dan kita setuju, kali ini dengan izin Kalapas, melaksanakannya di halaman (depan) Lapas Klas IIB Singkawang," katanya.Selain pejabat Lapas. Pihaknya juga mengundang Kapolres, Dandim 1202/SKW, Kejari, Ketua Pengadilan Negeri serta masyarakat se Kota Singkawang.Perayaan ultah vihara Thi Cu Miau Sip Sam Hong Singkawang dilaksanakan di halaman Lapas Singkawang. Sekitar pukul 13.00 WIB, masyarakat umum silih berganti menghadiri kegiatan tersebut. Bukan saja dari sekitar Lapas, Masyarakat dari daerah pinggiran Singkawang juga datang di perayaan ultah Pekong tersebut. (*)

 

Berita Terkait