Melihat Aktivitas Nasyrul Quran; Museum dan Pabrik Pencetakan Al-Quran Terbesar di Asia Tenggara

Melihat Aktivitas Nasyrul Quran; Museum dan Pabrik Pencetakan Al-Quran Terbesar di Asia Tenggara

  Minggu, 17 February 2019 20:40

Berita Terkait

Ada rasa haru dan bangga saat pertama kali menjejakkan kaki di gedung museum dan kilang/pabrik pencetakan Al-Qur'an 'Nasyrul Qur'an di daerah Putra Jaya Malaysia. Butuh waktu sekitar 1 jam dari kota Kuala Lumpur menuju Nasyrul Qur'an. Bangunan megah bergaya atsitektur Timur Tengah ini berdiri diareal seluas 5,5 ha didaerah Presint 14 Putra Jaya Malaysia.

Nasyrul Qur'an merupakan museum sekaligus pencetakan Al-Qur'an terbesar di Asia Tenggara dan konon terbesar kedua setelah pabrik pencetakan Al-Qur'an di kota Madinah, Saudi Arabia.

Manajemen Nasyrul Qur'an dikelola oleh Yayasan Restu yang bergerak dibidang wakaf.

Menurut ketua Yayasan Restu, Abdul Latif Mirasa, museum ini resmi berdiri sejak tahun 1987, dan mulai tahun 1990 Yayasan Restu mulai merintis usaha menyalin Al-Qur'an. Melatih dan mendidik anak-anak muda Malaysia untuk mempelajari dan menyalin Al-Qur'an, hingga saat ini banyak salinan Al-Qur'an yang telah ditulis tangan sebagai hasil karya anak-anak muda Malaysia. 

"Untuk anggaran seluruh aktifitas baik di museum maupun di kilang sepenuhnya berasal dari wakaf umat Islam dari seluruh dunia disamping itu tentunya juga  berasal dari sokongan kerajaan. Beberapa tenaga pengajar juga kami datangkan dari Indonesia," jelas Abdul Latif.

Dijelaskannya pula yayasan Restu sepenuhnya merupakan lembaga non profit, umumnya umat Islam dari seluruh dunia  yang datang ke Nasyrul Qur'an berkeinginan mewakafkan sebagian hartanya untuk menunjang segaka aktifitas di Nasyrul Qur'an.

"Museum dan pencetakan Al-Qur'an ini tidak hanya untuk umat Islam saja, kami juga mengijinkan umat agama lain untuk berkunjung melihat secara langsung apa saja yang terdapat didalam museum agar mereka dapat mengetahui betapa besar dan indahnya budaya Islam melalui Al-Qur'an," tandas Abdul Latif.**

Berita Terkait