Melasti Selalu Memikat Wisatawan

Melasti Selalu Memikat Wisatawan

  Jumat, 16 March 2018 11:00
Jelang Hari Raya Nyepi warga Bali melakukan upacara Melasti. hindualukta.blogspot.co.id

Berita Terkait

TABANAN – Prosesi melasti lazim dilakukan umat Hindu di Bali menjelang Hari Raya Nyepi. Di Pantai Tanah Lot, Kediri, Tabanan ratusan warga desa pakraman Beraban, Kediri tumpah ruah melakukan upacara melasti. Upacara penyucian diri dari segala perbuatan buruk dengan membuangnya ke laut. Termasuk penyucian benda sakral milik pura alias pretime.

Di DTW Tanah Lot sendiri, prosesi upacara melasti menjadi momen unik dan selalu memikat daya tarik bagi wisatawan. Khususnya pelancong asing tak henti-hentinya memotret momen langka tersebut. 

Seorang wisatawan asal Jepang, Saki, 27, mengaku kagum bisa melihat ritual melasti karena baru pertama datang ke Tanah Lot. “Acara bagus dan unik, saya baru pertama kali melihatnya,” katanya.

Manajer DTW Tanah Lot, I Ketut Toya Adnyana, mengatakan prosesi melasti desa pakraman Beraban ke pantai Tanah Lot melibatkan ratusan warga dari lima belas banjar adat. Prosesi melasti dimulai pukul 15.00 hingga pukul 18.00. Ratusan warga desa pakraman Beraban berjalan kaki mulai dari Pura Bale Agung desa pakraman Beraban, menuju pantai Tanah Lot. Ada 44 pura dan masing-masing pura tersebut membawa pratima. 

“Itu kami lakukan bagi wisatawan yang tidak dikejar waktu tur. Sementara bagi wisatawan yang mungkin dikejar waktu tur. Kami sudah informasi sebelum ritual melasti dilakukan agar meninggalkan kawasan pantai Tanah Lot sebelum waktu pemelastian dilakukan,” ungkapnya. (uli/rid)

Berita Terkait