MEDIA DARLING TANPA ANDALKAN SENSASI

MEDIA DARLING TANPA ANDALKAN SENSASI

  Jumat, 30 March 2018 08:09
PRESTISIUS: Rapper Rich Brian masuk dalam dua kategori sekaligus di Forbes 30 Under 30: 2018 . Yakni, Celebrities serta Entertainment & Sports. NET

Berita Terkait

Rich Brian Masuk Daftar 30 Under 30 Forbes

NEW YORK – Pada Selasa lalu (27/3), Forbes Asia merilis daftar 30 Under 30 2018. Dalam edisi ketiga itu, Forbes merilis 300 nama yang terbagi dalam 10 kategori. Nama-nama tersebut adalah hasil saringan dari total 2.000 kandidat yang mewakili 24 negara di kawasan Asia dan Pasifik. Tahun ini ada 11 anak muda Indonesia yang menembus daftar prestisius tersebut. Termasuk rapper Rich Brian.

Musisi 18 tahun yang kini berdomisili di Amerika Serikat itu masuk dalam dua kategori sekaligus. Yakni, Celebrities serta Entertainment & Sports. Dia berada di kategori yang sama dengan boyband Korea Selatan Bangtan Boys (BTS) dan aktris 13 Reasons Why Katherine Langford.

Dalam pernyataan resminya, Forbes menyebut bahwa pemilik nama lengkap Brian Imanuel tersebut merupakan social media darling yang tidak cuma mengandalkan sensasi. ’’Dia menguasai platform Twitter dan YouTube, serta mampu mengumpulkan banyak pengikut. Dari konten komedi, Rich Brian perlahan tampil sebagai rapper,’’ tulis Forbes di laman profil musisi kelahiran Jakarta, 3 September 1999, tersebut.

Single debut Brian, Dat $tick, yang dirilis pada Februari 2016 mampu melampaui penjualan 500 ribu kopi dan dapat sertifikat emas RIAA. Di YouTube, klip single itu telah disaksikan lebih dari 87 juta kali. Banyak rapper yang membuat reaction video ketika menyaksikan klip video bikinan sendiri tersebut. Ghostface Killah dan Pouya pun dengan senang hati membuat versi remix Dat $tick. Pujian juga meluncur dari Billboard.

Musisi yang sebelumnya menggunakan nama panggung Rich Chigga itu dinilai punya flow rap yang asyik dan lirik yang cerdas. Brian menyatakan bahwa tanggapan positif tersebut membuatnya makin mendalami profesi barunya sebagai musisi. 

’’Rasanya, (dengan kesuksesan Dat $tick), semuanya jadi mungkin. Bukan hanya buat orang-orang asal Asia, tapi juga anak seumuranku yang ikut homeschooling,’’ paparnya.

Dat $tick tidak cuma menjadi titik awal karir buat Brian, tetapi juga memberi pelajaran berharga. Di single itu, dia dikritik keras karena mengumbar topik sensitif. Yakni, senjata api serta menggunakan istilah yang hanya digunakan kalangan kulit hitam. Hal tersebut lantas dia perbaiki di album perdananya, Amen. Brian menggarap nyaris separo lebih lagu di album tersebut. Tema yang diangkat pun lebih berat ketimbang karya pertamanya.

’’Saat kalian dengar, kalian mungkin bakal tetap tertawa. Itu memang tujuanku juga sih. Tapi, ini bukan lelucon. Aku ingin pendengar merasa, it’s that real s***?’’ ucapnya sebagaimana dikutip XXL.

Brian menegaskan, dirinya tidak punya formula khusus agar lagunya bisa ’’meledak’’. ’’Aku terus mencari cara baru dan merilis lagu baru agar lebih diterima. Aku cuma mencoba jadi lebih versatile. Itu saja,’’ kata adik fashion blogger Sonia Eryka tersebut.

Selain Brian, desainer busana muslim Dian Pelangi berhasil menembus dua kategori di 30 Under 30. Yaitu, Celebrities dan The Arts. Para finalis asal Indonesia paling banyak menghuni kategori Retail & E-Commerce dengan tiga wakil. Enam perwakilan lainnya tersebar di kategori The Arts; Media, Marketing & Advertising; Finance & Venture Capital; serta Social Enterpreneurship.

Untuk menyusun daftar 30 Under 30 tahun ini, Forbes Asia membentuk tim kurasi yang berjumlah 29 orang. Mereka terdiri atas pemilik korporasi dan penguasa saham sampai pekerja di bidang industri kreatif.

Venture capitalist Kai-fu Lee menyebut persaingan tahun ini makin ketat. Sebab, makin banyak kandidat yang sudah mampu menembus tingkat internasional. ’’Sebagai juri, aku mengapresiasi pelaksanaan 30 Under 30 yang konsisten dan punya standar tinggi dalam kurasinya untuk menunjukkan energi dan kreativitas generasi muda Asia,’’ ungkap pria yang masuk panel juri kategori Finance & Venture Capital tersebut.

Aktor sekaligus musisi Tiongkok Kris Wu juga tergabung dalam panel penjurian kategori Entertainment & Sports. Uniknya, Wu sempat berkolaborasi dengan Brian di single 18. Tahun lalu dia masuk dalam kategori yang sama dengan Brian. Ketika itu Wu masuk daftar, sedangkan Brian gagal. (Forbes/Billboard/fam/c14/na)

 

Berita Terkait