Matahari di Atas Kakbah, Momen Pengecek Ulang Arah Kiblat

Matahari di Atas Kakbah, Momen Pengecek Ulang Arah Kiblat

  Minggu, 26 May 2019 17:28

PONTIANAK- Matahari akan melintas tepat di atas Ka'bah pada 27-28 Mei 2019 dan menjadi kesempatan bagi Muslim untuk memperbaiki arah kiblat secara sederhana. Hal ini sebagaimana diinformasikan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Kalimantan Barat. 

Cara sederhana meluruskan arah kiblat  dapat dilakukan dengan memperbaiki arah kiblat bisa dilakukan dengan menancapkan atau memasang batang lurus seperti penggaris kayu panjang secara tegak lurus pada tanah atau lantai sebelum matahari tepat berada di atas Ka'bah pada pukul 16.18 WIB.

Pastikan batang tersebut terkena sinar matahari sehingga akan menghasilkan bayangan. Lalu tandai arah bayangan tersebut. Arah kiblat mengarah dari ujung bayangan menuju batang yang disediakan.

Kondisi seperti ini akan terulang dua kali setiap tahun dimana matahari tepat di atas Ka'bah yaitu pada 27-28 Mei dan 15-16 Juli. Hal ini terjadi karena peredaran bumi mengelilingi matahari. Pada saat tanggal 27-28 Mei pukul 16.18 WIB dan 15-16 Juli pukul 16.28 WIB, diatas Ka'bah terjadi hari tanpa bayangan.

Peristiwa ini hanya bisa diamati di wilayah Indonesia Barat dan Indonesia Timur. Peristiwa ini tidak akan teramati karena mataharinya sudah terbena,. Untuk wilayah Indonesia Timur dapat dilakukan pengamatan saat matahari tepat di antipoda (di sebalik arah) Kakbah, yang terjadi setiap 16 Januari pukul 06.29 WIT dan 28 November pukul 06.09 WIT. (mrd)