Masih Banyak yang Menyamakan BI dengan Bank Umum

Masih Banyak yang Menyamakan BI dengan Bank Umum

  Rabu, 11 April 2018 11:00
BANK SENTRAL: Kepala Bank Indonesia Kalbar, Prijono memberikan penjelasan tentang fungsi dan peran BI kepada mahasiswa IAIS Sambas dan Poltesa di Aula IAIS Sambas. ARISTONO/PONTIANAK POST

Berita Terkait

PONTIANAK – Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Kalimantan Barat, Prijono memberikan edukasi tentang kebanksentralan kepada 300an mahasiswa Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin (IAIS) Sambas dan Politeknik Terpikat Sambas (Poltesa) di Aula IAIS Sambas, kemarin. Orang yang baru dua bulan menjabat sebagai pimpinan BI Kalbar ini menjelaskan tentang peran dan fungsi bank sentral seperti BI dan juga mengenal keaslian uang rupiah serta mengenai Gerakan Nasional Non-Tunai (GNNT).

“Tujuan dari kegiatan dimaksud, adalah untuk memberikan pengetahuan kepada para mahasiswa tentang bank sentral, baik dari segi tugas maupun fungsinya sebagai bank sentral. Karena banyak juga yang belum tahu tentang BI sebagai regulator, dan menyamakannya dengan perbankan umum yang komersial,” ujarnya.

Selain itu, dengan adanya kegiatan dimaksud, seperti materi tentang keaslian uang Rupiah. Maka diharapkan, para mahasiswa di Sambas dapat menyampaikannya lagi kepada teman-teman dan lingkungannya tentang keaslian rupiah dan juga bentuk-bentuk pengamanan pada uang rupiah.

Para mahasiswa juga diberi pengetahuan sekaligus pemahaman tentang gerakan nasional pembayaran nontunai. Di mana mengenai pembayaran nontunai tersebut, masyarakat terutama mahasiswa tahu, tentang keunggulan dan keuntungan terhadap jenis pembaran dimaksud.

"Pengetahuan dan pemahaman seperti ini yang kita berikan kepada peserta, supaya dapat diketahui. Selain dari itu, dengan kegiatan ini dapat menjadi jembatan antara BI dengan masyarakat dan menjadi lebih dekat dengan BI," ungkapnya.

Tambahnya, dengan adanya kegiatan seperti yang dilakukan tersebut, apabila ada kegiatan atau kebijakan BI, masyarakat lebih partisipatif dan mendukungnya. Sehingga berbagai program ataupun kebijakan yang dijalankan oleh BI dapat berjalan dengan sukses. Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Anggota DPR RI Komisi XI Michael Jeno, Kepala Otoritas Jasa Keuanga Kalbar M Riezky Purnomo dan Direktur Utama Bank Kalbar Syamsir Ismail. (ars)

Berita Terkait