Marka Bakal Miliki Sensor

Marka Bakal Miliki Sensor

  Selasa, 31 July 2018 10:00

Berita Terkait

"RHK diperuntukkan buat kendaraan roda dua. Kendaraan roda empat dilarang masuk RHK. Letak kendaraan roda empat harus berada di belakang area RHK"

Utin Srilena 

PONTIANAK - Dinas Perhubungan Pontianak menerapkan marka ruang henti khusus (RHK) yang ditempatkan di lampu merah simpang empat pajak, Jalan Sutan Abdurahman dan Jalan Ahmad Yani. Senin kemarin, sosialiasi marka RHK pertama kali dilakukan petugas dishub sampai dua minggu ke depan. Setelah masa sosialisasinya selesai, sanksi tilang akan dilakukan dengan melibatkan Satlantas Polresta Pontianak.

"RHK ini aturan Permenhub nomor 13 tahun 2014. Sekarang tahap uji cobanya dilakukan di simpang lampu merah pajak. Ini baru tahap sosialisasi kepada pengendara," ungkap Kepala Dishub Pontianak, Utin Srilena Candramidi, kemarin.

Dijelaskan dia, RHK  merupakan marka berwarna merah dengan jarak enam meter. Letaknya di belakang zebra cross. Fungsi RHK sendiri, diperuntukkan buat kendaraan roda dua. Artinya kendaraan roda empat dilarang masuk RHK. Dalam aturannya, letak kendaraan roda empat harus berada di belakang area RHK.

Dalam tahap sosialisasinya, memang ada beberapa pengendara belum mengetahui tentang fungsi RHK tersebut. Namun setelah diberi tahu petugas akhirnya mereka memahami fungsi RHK.

Saat ini memang marka yang dipasang tersebut belum lengkap. Rencana, malam ini (Senin) marka tersebut akan dipasang tanda bergambar sepeda motor. Pemasangan dilakukan agar pengendara semakin paham dengan fungsi marka tersebut.

Tak hannya itu, sensor juga bakal dipasang di RHK termasuk pemasangan speakernya. Dengan demikian ketika ada pelanggaran oleh pengendara maka sensor secara otomatis berbunyi. "Untuk sensor mungkin akan kita anggarkan tahun depan. Mudah-mudahan tahap sosialisasi ini berjalan lancar," katanya.

Setelah dua minggu tahap sosialisasi dilakukan, lanjut dia maka aturan sanksi bagi pengendara pelanggar marka RHK akan dilakukan. Nanti yang menilang Satlantas Pontianak. "Kita akan kerjasamakan nanti," ungkapnya.

Selain pemasangan RHK di depan kantor Pajak, pihaknya bakal membuat marka yang sama dibeberapa lampu merah di Pontianak.

Tak hanya marka RHK, diingatkan Utin tentang marka bergaris kuning yang terpasang dibeberapa tepi jalan, fungsinya bukan buat tempat parkir. Tapi larangan parkir. Tapi selama ini, masih banyak pengendara memarkir kendaraan di garis kuning itu. 

"Mudah-mudahan dengan sosialisasi ini ke depan para pengendara semakin paham dengan fungsi marka yang sudah terpasang," tandasnya.(iza)

Berita Terkait