Mari Membangun Energi Untuk Negeri

Mari Membangun Energi Untuk Negeri

  Sabtu, 4 June 2016 10:45   1

Oleh: Dita Putri Katarina

GENERASI muda Indonesia perlu melakukan perubahan demi kemajuan negeri ini. Sehingga banyak komunitas anak bangsa yang berdiri dengan dasar pembangunan energi untuk negeri. Salah satu yang telah dicanangkan oleh Bank Indonesia Perwakilan Kalimantan Barat yaitu GenBI atau Generasi Baru Indonesia. Generasi Baru Indonesia (GenBI) merupakan salah satu komunitas yang ikut memberikan kontribusi dalam membentuk kemajuan sumber daya manusia. Komunitas ini merupakan gabungan dari mahasiswa penerima Beasiswa Bank Indonesia yang terdapat di beberapa wilayah di Indonesia. Komunitas ini dibentuk di beberapa Perguruan Tinggi sebagai wahana dan sarana pengembangan kepemimpinan mahasiswa berbasis kampus dalam rangka akselerasi dan optimalisasi potensi bibit-bibit unggul muda Indonesia. GenBI juga bertujuan untuk meningkatkan kepekaan sosial serta menumbuhkan semangat dan jiwa pengabdian terhadap masyarakat.

Generasi Baru Indonesia Kalimantan Barat (GenBI Kal-Bar) merupakan salah satu komunitas GenBI yang berpusat di Pontianak. Bekerjasama dengan dua Universitas besar di Kalimantan Barat yaitu Universitas Tanjungpura dan  IAIN Pontianak. GenBI Kal-Bar turut berperan aktif dalam membangun dan mengeksiskan komunitas ini baik di internal maupun eksternal. Keaktifan ini di salurkan dengan kreatifitas para pengurus dan penerima beasiswa dari dua  Universitas tersebut.

     GenBI dengan jargon Energi Untuk Negeri ini mencoba membantu pemerintah Indonesia dalam hal sosial, kewirausahaan, pendidikan dan lingkungan hidup. GenBI ini tersebar di seluruh Universitas di Indonesia yang mendapatkan bantuan beasiswa dari Bank Indonesia. GenBI Kalimantan Barat adalah kiblatnya GenBI di Indonesia, maka dari itu GenBI Kal-Bar sangat mendominasi dalam hal program kerja. Untuk di Kalimantan Barat sendiri, GenBI sudah banyak memberikan sumbangan untuk masyarakat.

Pergerakan GenBI Kal-Bar mendapat banyak apresiasi dari masyarakat sekitar terutama untuk masyarakat yang pernah mendapat bantuan dari GenBI. Banyak rutinitas GenBI Kal-Bar yang sudah menjadi agenda tetap misalnya, pembagian masker, penanaman mangrove di mempawah, bakti sosial, sahur on the road dan lain sebagainya. Baru-baru ini dalam memperingati Hardiknas, GenBI Kal-Bar telah mengadakan renovasi sekolah di Desa Parit Ayyub, Sungai Ambawang, Kab. Kubu Raya. Renovasi sekolah ini bertujuan untuk membangun semangat belajar siswa-siswi MIS Mujahidin. Ini merupakan agenda program kerja bidang pendidikan yaitu GP4K (Gerakan Peduli Perbatasan, Pedalaman, Pedesaan, dan Kepulauan), kegiatan ini berjalan selama 2 hari dan diresmikan langsung oleh Kepala Bank Indonesia Perwakilan Kalimantan Barat, Bapak Dwi Suslamanto. Selain itu, GenBI Kal-Bar juga sedang menghimpun buku-buku bekas untuk dihibahkan ke sekolah-sekolah yang membutuhkan sebagai bentuk meningkatkan minat baca siswa. Masih banyak lagi program kerja yang dilakukan oleh GenBI Kal-Bar dengan tujuan mampu membangun energi untuk negeri melalui generasi muda Indonesia.

Harapan Irvan Dermawan A, selaku Ketua GenBI Kal-Bar Periode 2015-2017 mengarapkan GenBI Kal-Bar bisa menjadi komunitas yang bermanfaat untuk masyarakat serta anggota yang mempunyai skill dan kemampuan untuk action di masyarakat. Dan kedepannya anggota GenBI Kal-Bar itu bukan hanya menjadi yang dibicarakan tetapi bisa menjadi pembicara. Energi untuk negeri bukan hanya sekedar jargon belaka, namun sebuah janji atas pembuktian GenBI Kal-Bar yang cinta tanah air. Jika bukan kita sebagai muda-mudi Indonesia, siapa lagi yang membangun negeri ini?

 

* Mahasiswa Jurusan KPI FUAD IAIN Pontianak