Mantan Pangdam XII/Tanjungpura jadi KSAD.

Mantan Pangdam XII/Tanjungpura jadi KSAD.

  Kamis, 22 November 2018 15:02
Presiden Jokowi memasangkan tanda pangkat jenderal kepada Andi Perkasa usai dilantik jadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD). (Bayu Putra/Jawa Pos)

Berita Terkait

NAMA Jenderal Andika Perkasa kerap disandingkan dengan mertuanya, AM Hendropriyono. Apalagi dia baru saja diangkat menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Tanggapan publik tersebut tidak begitu direspons oleh alumnus Akademi Militer (Akmil) 1987 itu.

"Orang kalau ngomong apa aja ya wis monggo lah, saya kan nggak bisa berkomentar dan nggak perlu," ujar Andika di Istana Negara Jakarta, Kamis (22/11).

Dia mengklaim promosi dirinya sebagai orang nomor satu di TNI matra darat merupakan penilaian murni dari Presiden Jokowi. Tidak ada campur tangan politis.

Presiden Jokowi melantik Andik Perkasa sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD). (Bayu Putra/Jawa Pos)

"Semuanya beliau (Jokowi, Red) yang memutuskan, saya tidak tahu apa yang ada di dalam penilaian beliau. Yang penting saya dari dulu kan gini-gini aja," tegasnya.

Andika tidak mau memikirkan tudingan publik soal karirnya di militer ada campur tangan sang mertua, Hendropriyono. Pasalnya sang mertua pensiunan jenderal dan dikenal dekat dengan Jokowi. Sementara itu, karir Andika cukup melejit sejak menempati beberapa posisi strategis. Mulai dari Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres), lalu berlanjut sebagai Pangdam XII/Tanjungpura.

Kemudian naik jadi bintang tiga (letjen) dengan jabatan Komandan Komando Pembina Doktrin, Pendidikan dan Latihan Angkatan Darat (Dankodiklatad) hingga akhirnya dipercaya sebagai Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad). Karir bintang tiganya berlanjut ke bintang empat menjadi KSAD.

(sat/JPC)

Berita Terkait