Manfaatkan Kampung Digital

Manfaatkan Kampung Digital

  Jumat, 9 September 2016 09:30

Berita Terkait

PONTIANAK – UMKM di Kota Pontianak dapat mengembangkan usahanya melalui pemanfaatan Kampung UKM Digital. Program tersebut diharapkan dapat memacu para UMKM untuk menggunakan media online dalam mengembangkan usaha mereka kedepannya.

 
Internet yang dapat dipergunakan secara gratis oleh warga sekitar kampung tersebut diharapkan bukan hanya digunakan dalam berkomunikasi sehari-hari menggunakna internet. “Tetapi juga ada nilai edukasi yang diberikan para pemangku kepentingan terkait yang terlibat dalam pemasangan internet tersebut kepada para warga,” kata Kepala BDS (Bussines Development Service-Provider) Kalbar, Muhammad Fahmi, pekan ini.

Edukasi ini dapat diberikan berupa penggunaan internet sebagai media untuk mendapatkan informasi dengan lebih cepat. Informasi-informasi tang terkait dengan bagaimana mengembangkan usaha mereka secara baik dan sesuai dengan kondisi pasar saat ini. Dalam masa Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) saat ini, UMKM di Provinsi Kalbar harus dibekali kemampuan dalam bidang teknologi informasi agar tidak menjadi penonton di negeri sendiri.

Kota Pontianak sendiri sudah memiliki Kampung UKM Digital Aloevera di Koperasi Kontak Khatulistiwa Utama Pontianak Utara. Kampung UKM Digital Aloevera merupakan salah satu pendukung proses bisnis yang berjalan di sentra UKM atau UKM dengan memanfaatkan teknologi informasi secara komprehensif dan integratif dalam rangka mewujudkan Jutaan UKM yang maju, mandiri, dan modern.

Dengan adanya broadband learning center yang dilengkapi fasilitas internet kecepatan tinggi dan sarana komputer, diharapkan UKM di Kota Pontianak khususnya di Pontianak Utara yang banyak terkait usaha Aloevera, dapat mengakses informasi secara online dan melakukan promosi berbasis internet. “Sehingga produk aloevera dapat semakin dikenal ke seluruh Indonesia bahkan dunia,” katanya.

Inisiasi Kampung UKM Digital ini merupakan bagian dari program BAGUS Indonesia (Bina Aspirasi Gerakan Sejuta UKM Seluruh Indonesia) dalam rangka modernisasi dan peningkatan kompetensi UKM melalui ICT. Melalui ICT diharapkan UKM juga mampu untuk memiliki daya saing dalam tingkat global dan turut serta berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Implementasi Kampung UKM Digital ini dilakukan secara bertahap dengan melibatkan stakeholder yang ada, diantaranya pemerintah, komunitas, pelaku bisnis, akademisi dan juga media. Semua pihak ini diharapkan dapat berkolaborasi untuk memajukan UKM melalui pemanfaatan ICT yang dilakukan. “Solusi permasalahan bisnis, maupun tutorial seputar UKM. Para pelaku UKM juga dapat mengakses berbakai macam artikel seputar bisnis dan UKM,” pungkasnya. (mif)

Berita Terkait