Manfaatkan Biji Sawit untuk Bahan Bakar Kompor

Manfaatkan Biji Sawit untuk Bahan Bakar Kompor

  Selasa, 5 June 2018 10:40
BIJI SAWIT: Karolin mempraktekan memasak dengan biji sawit sebagai bahan bakar kompornya.

Berita Terkait

SEBAGAI perempuan, tentu saja urusan dapur tidak lepas dari perhatian Karolin Margret Natasa (36). Ibu dua anak, yang kini Calon Gubernur Kalimantan Barat, sebelumnya telah meluncurkan kompor berbahan bakar biji sawit. 

Pada April 2018, dia memperkenalkan Kompor Sawit Karolin Margret Natasa (Kompor KMN), saat peringatan Hari Kartini di Ngabang, ibu kota Kabupaten Landak. Kompor KMN disebut sebagai produk ramah lingkungan dan menggunakan energi terbarukan. 

Karolin mengatakan, kompor ini menggunakan bahan baku biji sawit yang banyak terdapat di sekitar. Ini strategi menghadapi kelangkaan bahan bakar fosil, sekaligus usaha menghemat biaya rumah tangga. 

Peluncuran kompor sawit sebagai bentuk uji coba, yang diusahakan untuk dikembangkan ke depannya. Kompor berbahan bakar sawit ini telah diterapkan sejak beberapa tahun lalu, di daerah lain di Indonesia. 

Penemu kompor ini bernama Bayu Himawan dan Achmad Witjaksono, dan temuan ini sudah dipatenkan. Bayu kini merupakan satu di antara tim ahli pasangan Karolin-Gidot. 

Sebagai gambaran, kompor berbahan bakar 200 gram biji sawit kering menghasilkan nyala api selama 50 menit. Maka satu kilogram biji sawit kering, menghasilkan nyala api selama 250 menit atau 4 jam 10 menit. 

Tak hanya memperkenalkan Kompor KMN, Karolin pun mempraktikkan penggunaannya. Dengan luwes, dia menuangkan minyak goreng, dan menabur irisan bawang, kemudian mengaduknya dengan sendok penggorengan. 

Nah, ingin melihat bagaimana dokter muda yang cantik ini memasak? Lihat di channel youtube SAHABAT KAROLIN Official, videonya ditayangkan di sana. (*/tim)

Berita Terkait