Manfaatkan Baking Soda untuk Perawatan Kecantikan Tubuh

Manfaatkan Baking Soda untuk Perawatan Kecantikan Tubuh

  Kamis, 3 January 2019 09:46
Baking soda. Baking soda ternyata bisa dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan. Mulai dari rambut hingga kaki. (Healthline)

Berita Terkait

Baking soda dikenal sebagai bahan dapur yang multifungsi. Tak hanya untuk membuat kue tetapi sangat berguna untuk kecantikan. Mulai dari perawatan kulit hingga kaki. 

Sehingga, jika ingin mencoba perawatan kulit, gigi atau kaki yang berbeda, Anda bisa gunakan baking soda sebagai alternatif. Seperti dilansir dari This is Insider, Kamis (2/1), ada 5 resep membuat baking soda untuk perawatan kecantikan tubuh. Mau Coba?

Baking soda memiliki sifat antijamur dan membantu menghambat pertumbuhan jamur yang bisa menginfeksi kulit dan kuku. (NDTV Food)

1. Manfaatkan Untuk Pengelupasan Kulit

Untuk mengangkat sel kulit mati secara ringan, Anda bisa manfaatkan baking soda. Caranya, Anda bisa membuat scrub dari campuran baking soda dan air untuk membentuk pasta. Gunakan gerakan memutar lembut untuk menggosok campuran di wajah Anda dan bilas dengan air dingin. Tapi, perlu untuk menguji baking soda di tangan Anda terlebih dahulu untuk memastikan tidak ada reaksi negatif.

2. Hapus Penumpukan Plak Pada Gigi

Penelitian telah menemukan bahwa menyikat gigi dengan pasta gigi yang mengandung baking soda secara efektif menghilangkan penumpukan plak.

Anda tidak harus menambahkan baking soda ke rutinitas menyikat harian Anda. Gunakan pasta gigi baking soda sesekali saja. Karena jika terlalu sering akan merusak enamel pada gigi.

3. Perawatan Kaki 

Menurut Medical News Today, sebuah studi 2013 menemukan bahwa baking soda memiliki sifat antijamur dan membantu menghambat pertumbuhan jamur yang bisa menginfeksi kulit dan kuku. Selain itu pasta baking soda juga bisa mengobati infeksi jamur pada kaki atau jari-jari kaki.

Cukup tambahkan satu sendok makan dengan sedikit air. Kemudian, gosokkan pasta yang dihasilkan pada bagian yang terinfeksi. Bilas dan keringkan kaki Anda secara menyeluruh. Jangan lupa oleskan bedak bayi setelahnya agar kaki Anda bebas dari kelembaban.

4. Gunakan Sebagai Alternatif Deodoran Alami

Jika Anda mencari deodoran alami, baking soda mungkin merupakan bahan yang baik untuk ketiak Anda. Mother Nature Network merekomendasikan untuk mencampur 1/8 sendok teh soda kue dengan sedikit air dan menggosokkan di bawah lengan Anda.

Beberapa orang mungkin memiliki reaksi negatif terhadap baking soda. Hentikan penggunaan soda kue pada ketiak Anda jika Anda melihat ada rasa terbakar, kemerahan, atau gatal-gatal.

5. Bersihkan Sisir Rambut  dengan Baking Soda

Jika Anda melihat dengan cermat pada sisir rambut, Anda mungkin menemukan lapisan kotoran di batang dan pangkal sisir. Baking soda mampu membersihkan kotoran tersebut.

Bersihkan rambut dari sisir sebelum direndam dalam larutan yang terbuat dari air hangat dan satu sendok teh baking soda. Biarkan terendam selama sekitar setengah jam dan keringkan sisir dengan baik sebelum menggunakannya.

(Inr/JPC)

Berita Terkait