Manfaat Susu Cokelat Untuk Pulihkan Badan Usai Olahraga

Manfaat Susu Cokelat Untuk Pulihkan Badan Usai Olahraga

  Rabu, 11 July 2018 16:12
Susu cokelat (Istimewa)

Berita Terkait

Selain memiliki rasa yang lezat, susu cokelat ternyata memiliki nutrisi yang diperlukan tubuh. Tak hanya anak kecil, orang dewasa pun turut mengonsumsi susu cokelat untuk memberikan sumber energi saat beraktivitas.

Dilansir dari Men's Journal, Rabu (11/7), baru-baru ini sebuah penelitian mengungkap susu cokelat berkhasiat untuk membantu pemulihan yang efektif setelah berolahraga. Para peneliti mengumpulkan studi tentang uji coba terkontrol pada susu coklat dan dampaknya terhadap pemulihan pasca olahraga sejak April 2017.

Para peneliti melihat pengaruh susu coklat pada proses latihan (workout) dan penanda pemulihan, denyut jantung, waktu maksimal olahraga, laktat serum, dan kreatin kinase serum. Hasilnya, susu cokelat memberikan hasil lebih unggul bila dibandingkan dengan plasebo atau minuman olahraga lainnya. Tubuh menjadi ringan dan kelelahan dapat teratasi dengan signifikan setelah konsumsi susu cokelat.

Itu berkat nutrisi makro pada susu cokelat. Susu memiliki rasio karbohidrat hingga protein 4:1 yang sempurna untuk pemulihan. Selain itu mineral elektrolit dalam susu coklat juga mampu menghidrasi tubuh sangat baik.

Studi lain yang diterbitkan dalam Journal of Applied Physiology, Nutrition, and Metabolism menemukan bahwa para atlet mampu mempertahankan lebih dari dua kali jumlah cairan dalam susu coklat daripada minuman olahraga lainnya setelah latihan.

Jadi, tak perlu lagi minuman olahraga ataupun camilan lainnya. Cukup tambahkan saja sekitar 1 1/2 sendok teh bubuk kakao tanpa pemanis dan campurkan 6 hingga 8 ons susu untuk membuat susu cokelat. Jika Anda ingin sedikit lebih manis, tambahkan 1 sendok teh gula.

(fid/JPC)

Berita Terkait