Manfaat Kayu Manis Untuk Kuruskan Badan dan Diabetes

Manfaat Kayu Manis Untuk Kuruskan Badan dan Diabetes

  Jumat, 4 January 2019 16:36
Kayu manis ternyata bisa membantu menguruskan badan dan mengontrol diabetes. (Healthline)

Berita Terkait

Kayu manis merupakan rempah penambah rasa manis dan pedas dalam makanan maupun minuman. Biasanya kayu manis digunakan dalam minuman dan roti. Selain itu, kayu manis juga memiliki manfaat untuk tubuh.

Perlu diketahui, ada dua jenis utama kayu manis yaitu Ceylon dan Cassia. Mayoritas kayu manis yang akan Anda temukan di toko kelontong adalah Cassia.

Di masa lalu, kayu manis digunakan untuk mengobati masalah kesehatan. Termasuk penyakit pernapasan, masalah ginekologis, dan pencernaan.

Dalam beberapa dekade terakhir,  kayu manis juga berperan sebagai anti-inflamasi dan membantu meningkatkan fungsi kognitif. Bahkan, kayu manis berperan dalam mengontrol gula darah dan bisa menurunkan berat badan. 

Berikut penjelasannya,

1. Mengendalikan Gula Darah

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa kayu manis memang memiliki efek terhadap kadar glukosa darah pada mereka yang menderita diabetes tipe 2. Cassia kayu manis telah menunjukkan bisa mengendalikan glukosa darah.

Sebuah penelitian Cina diterbitkan dalam jurnal Nutrition Research menemukan bukti kalau orang yang meminum suplemen kayu manis, kadar glukosa darahnya terlihat menurun. Hasilnya berbeda dengan mereka yang diberi plasebo. Kayu manis juga terbukti menurunkan kadar kolesterol pasien diabetes.

2. Menurunkan Berat Badan

Kayu manis bisa menurunkan berat badan.  Sifat anti-inflamasi dan antibakteri kayu manis mendorong tubuh untuk menurunkan berat badan dengan memproses makanan yang lebih baik.

Penting untuk dicatat bahwa kayu manis saja tidak menyebabkan penurunan berat badan jangka panjang. Dalam arti, Anda harus menambahkan kayu manis ke dalam menu diet sehat. Tentunya dibarengi dengan olahraga untuk mendapatkan berta badan ideal

Satu sendok teh kayu manis mengandung 1,6 gram serat, yang membantu Anda memenuhi serat harian dan meningkatkan rasa kenyang saat makan. (Inriyani Sembiring)

Berita Terkait